Scroll to Top

Android Kalahkan Opera Mini untuk Peramban Mobile Favorit

By Ibnu Azis / Published on Monday, 05 Mar 2012

Android Browser

Dengan jumlah pengguna yang menyentuh angka 300 juta, Android telah menjadi perangkat yang paling dominan digunakan di muka bumi ini.

Menurut data dari StatCounter, peramban Android kini berhasil mengambil alih peramban mobile Opera Mini sebagai aplikasi peramban favorit di ponsel.

Dari sebuah layanan pengukuran online pada bulan Februari lalu, browser ‘robot ijo’ mampu menyalip posisi Opera Mini untuk pertama kalinya.

Peramban Opera Mini menjadi mobile browser primadona di Afrika dan Asia. Peramban ini mampu menkonversi data hingga tiap laman web memiliki ‘bobot’ seminimal mungkin.

Opera baru-baru ini juga telah meluncurkan mobile payment via Opera Mini dengan menggandeng beberapa layanan pembayaran. Apakah langkah ini diambil guna mendongkrak kepopuleran Opera Mini?

Fakta menaraik lainnya dari StatCounter adalah menurunnya pangsa pasar penggunaan Blackberry browser.  Sementara itu untuk browser Nokia juga mengalami penurunan pada periode yang sama.

Laporan StatCounter ini berdasarkan survei pengguna internet. Dan dari survei tersebut menunjukkan bagaimana Android mampu berkembang pesat khususnya pada peramban mobile.

Jika Android mampu menyalip kedigdayaan Opera soal peramban, mungkin saja hal tersebut bisa terjadi. Mengingat ada 850.000 perangkat Android baru yang diaktifkan di tiap harinya.

Pada perhelatan MWC pekan silam si Barcelona, Spanyol, secara eksplisit Google mengatakan jumlah pertumbuhan Android mengalami kenaikan hingga 250 %.

Dan dengan semakin banyaknya pengguna Android maka akan semakin bertambah pula secara otomatis pengguna peramban mobile Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda