Scroll to Top

Cristiano Ronaldo Pemain Kedua di Liga Spanyol Yang Mencetak 30 Gol dalam 25 Laga

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 05 Mar 2012

Sempurna. Gonzalo Higuain mengontrol bola dengan satu sentuhan sebelum mencungkilnya ke arah Cristiano Ronaldo yang berlari di sisi kanan. Ronaldo sedikit limbung, namun masih bisa menembakkan bola ke gawang Francisco Casilla. Inilah gol pembuka Real Madrid ketika menguliti Espanyol 5-0.

Cristiano Ronaldo 1

30 gol hanya dalam 25 pertandingan di Liga Spanyol. Penyerang top dunia mana yang tak ingin mengejar rekor yang dimiliki Ronaldo? Dan, pemain Real Madrid mana pula yang lebih vital perannya daripada CR7?

Dari 9 pertandingan Los Blancos di Liga Spanyol sepanjang tahun 2012, cuma dua kali Ronaldo absen mencetak gol. Yang pertama, saat Real Madrid menang dalam duel cukup ketat menghadapi tuan rumah Real Mallorca. Saat itu, pasukan Jose Mourinho menang 2-1 lewat gol Gonzalo Higuain dan Jose Callejon.

Berikutnya, saat Getafe menjadi tuan rumah dalam Derby Madrid. Bukan CR7 yang menjadi pahlawan, melainkan Sergio Ramos yang menyambut tendangan sudut Mesut Ozil.

Selebihnya, dalam 7 laga lain, CR7 mengemas 9 gol. Tiga di antaranya dari titik putih. Rata-rata sepanjang tahun 2012 di Liga Spanyol, Ronaldo mengemas 1,29 gol setiap pertandingan.

Pundi-pundi gol Ronaldo yang bertambah membuatnya kini menjauh dari Lionel Messi. Sang penyerang Argentina terpaksa absen karena akumulasi kartu kuning saat Barcelona menggasak Sporting Gijon 3-1. Hasilnya, ada margin 2 gol yang membedakan calon Pangeran Bernabeu dengan Mesiah Camp Nou. Messi sementara mentok di angka 28.

Satu hal lagi yang membuat Ronaldo layak berbangga. Torehan 30 gol yang dicetaknya dalam 25 pertandingan, tak bisa disaingi penyerang mana pun di Liga Spanyol, kecuali seorang saja.

Adalah Telmo Zarraoandia Montoya atau Zarra yang memiliki catatan luar biasa ini. Pemain kelahiran Bilbao mampu mengemas 34 gol dalam 25 pertandingan pertama Liga Spanyol musim 1950/1951. Ketika itu, Zarra berkostum Athletic Bilbao.

Zarra sendiri pada akhirnya mencatatkan 38 gol di musim tersebut dalam 30 pertandingan saja. Sayang, Bilbao kala itu justru terjerembab di peringkat tujuh dan tertinggal tujuh angka dari sang juara Atletico Madrid (saat itu kemenangan masih dihitung 2 poin).

Kini, meski menjadi orang kedua dalam urusan mencetak lebih dari 30 gol, Ronaldo bisa mendapatkan pencapaian yang lebih baik dari Zarra. Sebuah gelar Liga Spanyol ada di depan mata; 10 angka yang diciptakan Real Madrid, terlalu jauh dikejar oleh Barcelona.

(Foto: Situs resmi Real Madrid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda