Scroll to Top

Tips Bikin Ikan Bakar Lezat

By C Novita / Published on Monday, 05 Mar 2012

Tips bikin ikan bakarIkan adalah hidangan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia sebab kondisi alam negara ini memang dikelilingi oleh lautan.

Tak heran hampir di setiap daerah, terutama pesisir, terdapat beragam kuliner yang menggunakan bahan baku ikan. Yang paling mudah dan lezat adalah Ikan Bakar. Ini adalah hidangan yang kerap di jumpai terutama di Indonesia bagian timur.

Berikut adalah tips membikin Ikan Bakar sendiri, agar tidak gosong, hancur, atau kurang matang.

  • Jika Anda membakar ikan menggunakan alat panggang anti lengket, maka jaga agar pemanggang tersebut tidak terlalu panas. Gunakan api kecil saja, sebab jika terlalu besar, maka ikan akan gosong sementara bagian dalamnya masih mentah.
  • Jika membakar menggunakan arang, seperti membakar sate, maka tambahkan minyak goreng sedikit saja, agar ada aroma wangi khas yang keluar, dan menjaga agar ikan tidak lengket. Sebaiknya gunakan daun pisang sebagai alas, agar daging ikan tidak langsung terkena besi pemanggang. Jika tidak ada daun pisang, gunakan aluminium foil.
  • Potong-potong ikan sepanjang 3 cm, agar mudah membalik, dan mudah mengangkat. Ini juga mencegah ikan hancur saat dibalik.
  • Angkat ikan dari panggangan sebelum terlalu matang. Daging ikan memiliki kemampuan menyimpan panas, sehingga saat diangkat pun sebenarnya proses pematangan masih berlangsung.

Saat memasak ikan bakar, jangan beri terlalu banyak bumbu saat membakar, sebab bumbu akan merusak cita rasa alami ikan. Beri saja perasan air jeruk nipis, agar bau amis berkurang.

Ikan bakar akan sangat nikmat dinikmati dengan beragam sambal, misalnya sambal kecap. Selamat mencoba.

 

Dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda