Scroll to Top

Aji Santoso: Kekalahan Indonesia Dari Bahrain Tidak Diatur!

By Aditya / Published on Monday, 05 Mar 2012

Aji Santoso, Timnas Indonesia

Kekalahan 0-10 yang diderita Indonesia saat melawat ke Bahrain masih menyisakan buntut yang tampaknya belum akan usai. Beberapa pihak mencurigai bahwa hasil laga terakhir Kualifikasi Pra Piala Dunia 2014 Zona Asia itu telah diatur demi misi meloloskan Bahrain ke babak selanjutnya.

Badan sepakbola dunia, FIFA, bahkan menyatakan akan melakukan investigasi terkait dugaan adanya ”permainan” di balik laga Bahrain versus Indonesia itu. Menurut FIFA, ditilik dari beberapa faktor, hasil mencolok dalam pertandingan itu dinilai di luar kewajaran.

Belakangan, badan sepakbola Asia, AFC, menyatakan bahwa laga Bahrain melawan Indonesia bersih dari dugaan negatif apapun. Senada dengan itu, pelatih Timnas Indonesia, Aji Santoso, pun menyangkal keras bahwa hasil laga antara tim asuhannya melawan Bahrain sudah diatur.

”Kekalahan itu tidak diatur atau direncanakan. Tidak, tidak ada yang begitu,” seru Aji Santoso seperti dikutip dari BolaNet, Senin (5/3).

Akan tetapi, pelatih yang juga mantan pemain Timnas Indonesia ini punya pendapat yang sama dengan Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, yang menuding bahwa penyebab kekalahan telak Indonesia dari Bahrain dalah wasit asal Libanon, Andre El Haddad, yang memimpin laga.

Aji Santoso merasa yakin anak-anak asuhannya akan bisa berbuat lebih baik jika tidak ada kartu merah di awal pertandingan, apalagi diterima oleh Samsidar yang berposisi sebagai kiper utama

”Jika bermain sebelas lawan sebelas, saya masih optimis. Tetapi ketika terjadi kartu merah, mental anak-anak jadi terpengaruh dan skema permainan yang sudah disiapkan matang tidak bisa dimainkan maksimal.” tandas Aji Santoso yang dalam laga itu juga diusir wasit karena dinilai protes terlalu keras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda