Scroll to Top

Michu, Gelandang Rayo Vallecano, Pemain Spanyol Paling Subur Musim Ini

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 05 Mar 2012

Mereka yang hanya berfokus pada kejar-kejaran Real Madrid dan Barcelona di puncak klasemen Liga Spanyol, mungkin melupakan kehebatan Rayo Vallecano. Klub penuh masalah ini sekarang berada di peringkat delapan. Hanya tiga angka dari posisi enam; posisi terakhir untuk lolos ke Europa League.

Michu

Keperkasaan Rayo yang musim ini baru kembali ke level tertinggi di kompetisi Liga Spanyol, tidak terlepas dari sosok Michu, Miguel Perez Cuesta. Pemain yang pada 21 Maret mendatang berusia 26 tahun, tercatat mengemas 13 gol di liga. Catatan ini sangat fantastis karena cuma ada seorang penyerang Spanyol yang menyumbang gol sebanyak Michu di liga.

Sebutkan para penyerang timnas Spanyol dalam pertandingan internasional terakhir melawan Venezuela: Roberto Soldado (Valencia), Fernando Llorente, dan Iker Muniain (Athletic Bilbao). Di luar itu, ada Fernando Torres yang mengalami masa mati suri sejak bergabung dengan Chelsea yang belakangan tampil amburadul. Alvaro Negredo dari Sevilla juga bisa masuk dalam daftar penyerang timnas. Juga, duo Barcelona David Villa dan Pedro Rodriguez.

Dari tujuh pemain itu, cuma Llorente yang bisa mengimbangi torehan gol Michu.

Torehan gol Soldado saat ini ada di angka 12. Sementara itu Iker Muniain si anak ajaib baru menyumbang 2 gol mengingat dirinya yang lebih sering diletakkan di sayap.

David Villa yang cedera hingga April, baru mengemas 5 gol. Yang lain, baik Fernando Torres maupun Alvaro Negredo sama-sama mengemas 2 gol. Pedro Rodriguez bahkan baru mengemas 1 gol meski sudah bermain 17 kali.

Satu-satunya penyerang timnas Spanyol yang mampu menyetarai gol Michu hanyalah Fernando Llorente. Penyerang utama Bilbao ini mencetak 13 gol.

Sebenarnya, jika menghitung seluruh gol yang tercipta dari berbagai kompetisi musim ini, ada nama Cesc Fabregas yang mengemas 15 gol. Namun, Fabregas yang diplot sebagai “nomor sembilan palsu kedua” di Barcelona baru mengemas 9 gol di Liga Spanyol.

Khusus Michu, ia baru saja menceploskan 2 gol dalam kemenangan 4-2 atas Racing Santander. Bukan kali ini saja Michu mencetak 2 gol —hal yang cukup sensasional untuk seorang gelandang—. Michu pernah mencetak 2 gol ketika Rayo dibantai 6-2 oleh Real Madrid di Bernabeu. Juga dalam laga menghadapi Real Sociedad 4-0.

Andai Michu terus melanjutkan trend mencetak golnya hingga 10 pertandingan La Liga ke depan, bukan tidak mungkin ia akan menyamai rekor Fernando Morena, penyerang yang paling banyak mencetak gol untuk Rayo Vallecano dalam semusim di liga dengan 21 gol. Rekor ini dibuat pada musim 1979/1980 atau 32 tahun lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda