Scroll to Top

Gerard Pique Pemain Barcelona Pertama Yang Menerima Kartu Merah Musim Ini di Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 05 Mar 2012

Menit 46. Babak kedua baru dimulai. Serangan Sporting Gijon membuat Miguel de Las Cuevas lolos dari penjagaan. Gerard Pique melanggarnya dan tak ayal lagi, kartu merah dari saku Velasco Carballo melayang untuk kekasih Shakira. Bermain 10 orang, El Barca yang sudah unggul 1-0, sempat ditahan imbang 1-1 oleh Gijon. Namun, mental juara berbicara. Dua gol di 11 menit akhir membantu Barcelona menaklukkan Gijon.

Gerard Pique

Pique mungkin bisa menarik napas lega karena timnya tetap mampu menang meski ia meninggalkan lapangan. Namun, kartu merah untuknya adalah catatan tidak disiplin tersendiri bagi pasukan Pep Guardiola.

Andai kartu merah di luar lapangan tidak dihitung, Gerard Pique menjadi pemain pertama Barcelona yang menerima kartu merah musim ini di Liga Spanyol. Ya, sepanjang 24 pertandingan sebelumnya, tidak ada pemain Blaugrana yang diusir dari lapangan oleh wasit.

Memang ada Javier Mascherano yang diacungi kartu merah saat melawan Osasuna —ketika itu Barcelona kalah 3-2—. Namun, peristiwa pengartumerahan gelandang bertahan Argentina ini terjadi setelah pertandingan berakhir karena protes berlebihan terhadap wasit Paradas Romero.

Bagi Barcelona sendiri, dua kartu merah yang diterima masing-masing oleh Mascherano dan Pique ini merusak reputasi mereka sebagai tim paling fair play di La Liga. Sebelum laga menghadapi Osasuna, Barcelona memang memuncaki klasemen klub paling sportif di La Liga.

Saat itu, El Barca mengemas 36 kartu kuning tanpa kartu merah –yang tersedikit di La Liga. Namun, dalam empat pertandingan setelahnya, tercatat 15 kartu kuning berhamburan kepada para pemain Blaugrana di samping 2 pengusiran wasit tadi. Alhasil, kini pasukan Pep Guardiola mengantongi 51 kartu kuning.

Masalah disiplin barangkali menjadi faktor kunci Barcelona musim ini. Sejauh ini, sudah ada empat pemain yang menerima hukuman akumulasi kartu kuning: Dani Alves, Gerard Pique, Sergio Busquets, dan yang paling mengejutkan tentu Lionel Messi. Sepanjang sejarah karier Messi, baru kali ini ia mendapatkan hukuman setelah mengoleksi 5 kartu kuning di liga.

Ancaman lain akan datang kepada Victor Valdes, Cec Fabregas, dan Andres Iniesta yang tinggal sedikit lagi juga akan masuk boks tak bisa tampil karena mengumpulkan lima kartu kuning.

Kembali ke masalah kartu merah, di luar Mascherano dan Pique yang “mencoreng” Barcelona di La Liga, sebenarnya ada seorang pemain lagi yang mendapatkan hukuman yang sama. Dialah David Villa yang dihukum dalam laga Barcelona vs Real Madrid 3-2 di Piala Super Spanyol.

Kala itu, Villa diberi kartu merah oleh Fernandez Borbalan setelah terlibat adu mulut dan sedikit perkelahian dengan Mesut Ozil setelah laga berakhir —padahal keduanya sama-sama sudah diganti—-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda