Scroll to Top

Benarkah Kesepian Akan Bikin Umur Pendek?

By C Novita / Published on Tuesday, 06 Mar 2012

Kesepian bikin umur pendekSeseorang yang sering merasa kesepian, ternyata berumur lebih pendek dari pada mereka yang punya banyak kegiatan dengan banyak orang.

Jhon Cacioppo, seorang psikolog, mempelajari tentang kesepian dan menemukan bahwa beberapa bagian tubuh bereaksi terhadap perasaan kesepian.

Pada mereka yang kesepian, terjadi pengerasan pembuluh darah. Akibatnya mereka mengalami tekanan darah tinggi, peradangan, bahkan pada anak-anak dan remaja mengalami gangguan belajar dan kesulitan mengingat.

John Cacioppo yang merupakan peneliti dari Universitas Chicago bersama Steve Cole, yang juga dari UCLA menemukan juga bahwa sistem kekebalan tubuh atau sistem imun pada seseorang yang dikucilkan cenderung berubah dari waktu ke waktu.

Akibatnya, tubuh orang yang kesepian dan dikucilkan tidak bereaksi mempertahankan diri jika terserang virus dan beberapa penyakit lain. Sistem imun mereka hanya bereaksi pada serangan bakteri.

Ini menyebabkan mereka rapuh diserang berbagai penyakit penyebab kematian semisal kanker, infeksi dan penyakit jantung.

Hormon penyebab stress juga biasanya akan meningkat, sebab mereka yang kesepian kurang mampu curhat pada teman atau sahabat yang bisa menguatkan mereka secara mental.

Gangguan tidur pun kerap terjadi, seperti terjaga di tengah malam, sulit tidur, atau malah kebanyakan tidur.

Nah, kesimpulannya berbagai keadaan tersebut memicu kondisi tubuh jadi tidak sehat, menyebabkan penyakit yang bikin umur seseorang menjadi pendek.

Jadi, segera keluar dan mulailah berteman dengan sebanyak-banyaknya manusia, agar umur menjadi panjang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda