Scroll to Top

Alisher Burkhanovich Usmanov, Orang Terkaya di Russia Karena Facebook

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 06 Mar 2012

Alisher Burkhanovich Usmanov

Alisher Usmanov Burkhanovich adalah salah satu orang terkaya di dunia. Bloomberg melaporkan jika ia sekarang telah resmi menjadi orang terkaya di Russia.

Sebagian besar dari kekeyaan pria setengah baya ini berasal dari kepemilikan saham secara mayoritas di Digital Sky Technologies (DST).

DST adalah sebuah perusahaan investasi  yang didirikan oleh sesama pengusaha Russia yakni Yuri Milner.

DST memegang saham ekuitas di beberapa perusahan teknologi yang cukup besar. Sebut saja Facebook, Groupon, Twitter, Zynga, Spofy, Airbnb, ZocDoc, dan 360buy.com.

Bloomberg melaporkan jika Alisher Usmanov Burkhanovich telah memiliki 80 % saham DST yang membuat kekayaannya membengkak menjadi USD 20 miliar.

Dengan demikian Alisher Usmanov Burkhanovich berhasil menggeser posisi Vladimir Lisin sebagai orang terkaya di Russia yang memiliki kekayaan sekitar USD 18.9 miliar saja.

DST memiliki track record yang luar biasa dalam membeli sejumlah besar saham perusahaan raksasa internet sebelum mereka go public.

Groupon dan Zynga sejak dilepas ke pasar saat ini bernilai sekitar USD 12.3 miliar dan USD 10.3 miliar. Sedangkan Facebook dapat mengalami peningkatan hingga USD 100 miliar.

Menurut Bloomberg, DST memiliki 8,2 % saham di Facebook, namun pada Februari 2010 perusahaan investasi tersebut menstranfer 2 % sahamnya ke Mail.ru Group, dimana Alisher Usmanov Burkhanovich memiliki 25 % sahan dari perusahaan tersebut.

Alisher Usmanov Burkhanovich dikabarkan juga memiliki saham 5 % di Twitter. Salah satu kandidat potensial  IPO lainnya.

Dan fakta lain seputar Alisher Usmanov Burkhanovich, ia memiliki 30 % saham di tim sepakbola asal Kota London, Inggris. Bukan hanya Chelsea memiliki bos orang Russia, Arsenal mengalaminya pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda