Scroll to Top

Julian Assange Menghadapi Tuntutan AS atas Kebocoran Email

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 06 Mar 2012

Julian Assange

US Intelligency atau perusahaan swasta intelijen Amerika Serikat (AS) dikabarkan telah mengalami kebocoran email pribadi.

Dan pihak yang dituding bertanggung jawab atas peristiwa ini adalah Julian Assange, yang tak lain sosok dibalik situs WikiLeaks.

Sebuah surat kabar Australia, The Age, menerima email dari perusahaan intelijen Stratfor melalui investigasi kemitraan dengan WikiLeaks.

Email yang diterima oleh The Age, dikutip dari wakil presiden Stratfor, Fred Burton. Dalam email tersebut Fred Burton menekankan jika WikiLeaks untuk ‘melindungi’ serta tak memuplikasikan.

WikiLeaks baru-baru ini telah menerima 5 juta email dari Stratfor. Menurut WikiLeaks email tersebut menunjukkan cara sebuah perusahaan swasta intelijen bekerja.

Bagaimana agen intelijen tersebut menetapkan sebuah target bagi klien mereka serta bekerjasama dengan pemerintah.

Fred Burton sendiri adalah mantan kepala kontran terorisme di Departermen Luar Negeri AS untuk layanan diplomatik.

Stratfor menyediakan intelijen dan analisis untuk pelanggan baik itu perusahaan dan pemerintah yang berbasis di Austin, Texas, AS.

Julian Assange sendiri saat ini sedang menunggui keputusan Mahkamah Agung Inggris atas permintaan bandingnya untuk diekstradisi ke Swedia atas kasus pelecehan seksual.

Julian Assange khawatir jika ekstradisinya ke Swedia adalah pintu masuk selanjutnya untuk usaha ekstradisi dirinya ke Amerika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda