Scroll to Top

Selamat Ulang Tahun ke-110 Real Madrid!

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 06 Mar 2012

Feliz cumpleaños, Real Madrid! Selamat ulang tahun! Tak terasa, hari ini 6 Maret 2012, Real Madrid tepat berulang tahun ke-110. Selama rentang waktu lebih dari seabad tersebut, sudah tak terhitung gelar demi gelar yang diberikan untuk memuaskan dahaga Madridistas yang seolah tak mengenal kata henti.

Real Madrid 3

Sejarah mencatat bahwa sepakbola dibawa ke kota Madrid oleh beberapa orang dari Institución libre de enseñanza (ILE). Kelompok ini membentuk klub sepakbola bernama “Football Club Sky” pada 1897. Namun, dalam perjalanan singkat, tiga tahun kemudian Football Club Sky terpecah menjadi dua bagian, yaitu: New Foot-Ball de Madrid dan Club Español de Madrid.

Titik tolak terjadi pada 6 Maret 1902 ketika Juan Padros diangkat sebagai pemimpin klub. Pada tanggal inilah Madrid Football Club (Madrid FC) secara tertulis diresmikan. Tidak butuh waktu lama untuk menunjukkan kehebatan Los Blancos. Pada tahun 1905, mereka meraih gelar pertama dengan menaklukkan Athletic Bilbao di final Piala Spanyol.

Tahun demi tahun berlalu, tibalah masa kejayaan Real Madrid ketika Santiago Bernabeu Yeste menjadi presiden. Santiago Bernabeu yang kelak namanya akan dipakai sebagai stadion baru Real Madrid, membeli sekian pemain dari seluruh dunia untuk membangun Los Blancos sebagai klub terbesar di dunia.

Gelar pertama di Eropa didapatkan ketika Real Madrid menjuarai European Cup (Liga Champions  saat ini) pada musim 1955/1956. Kemenangan atas Stade Reims 4-3 menandai dominasi Los Blancos di Eropa. Hingga saat ini sudah 9 gelar yang diborong Real Madrid di Liga Champions —5 di antaranya berturut-turut—.

Di Liga Spanyol, 31 gelar sudah direngkuh Real Madrid. Meskipun baru memenangi La Liga pada musim 1931/1932 —musim keempat La Liga– faktanya, hingga kini Los Blancos adalah yang terbaik. Mereka melewati Barcelona —klub pertama yang memenangi La Liga— dan Athletic Bilbao –klub kedua yang menjuarai Liga Spanyol—.

Di tingkat domestik, Real Madrid juga mampu menjuarai Piala Super Spanyol delapan kali, Copa Eva Duarte (nama awal Piala Super Spanyol) sekali, dan Copa de La Liga sekali pada musim 1985.

CR7

Di tingkat Eropa, gelar Piala UEFA diboyong dua kali berturut-turut pada musim 1984/1985 dan 1985/1986. Satu-satunya gelar Piala Super Eropa didapatkan pada tahun 2002.

Juara Piala Interkontinental (turnamen dunia sebelum Piala Dunia Antar Klub) tak kalah menjadi sasaran. Sudah tiga kali Real Madrid mendapatkannya pada 1960, 1998, 2002.

Sekian gelar itu tampaknya belum cukup. Masih ada sekian tahun lagi untuk berprestasi.

Khusus tahun ini, di ulang tahun ke-110, alangkah indahnya jika Real Madrid tidak hanya mampu memenangi Liga Spanyol. Tetapi juga mengawinkannya dengan Liga Champions. Peluang untuk hal ini cukup besar.

Di Liga Spanyol, Real Madrid sudah unggul 10 angka dari Barcelona dengan 10 laga tersisa. Sementara itu, di Liga Champions, Los Blancos tengah menjajaki perempat final saat menjamu CSKA Moskwa minggu depan.

(Foto: situs resmi Real Madrid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda