Scroll to Top

Ternyata Tidak Semua Telur Menyehatkan

By C Novita / Published on Wednesday, 07 Mar 2012

tidak semua telur menyehatkanSelain tahu dan tempe, telur adalah alternatif sumber protein yang banyak dipilih oleh kaum ibu. Sebab, selain murah harganya, telur juga dipercaya mengandung zat gizi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun ternyata kepercayaan tersebut tidak selalu benar. Tidak semua telur sehat dikonsumsi.

Dr. Niva Saphira dari Tel Aviv University melakukan penelitian dan lantas menyimpulkan bahwa tidak semua telur sehat dan menyehatkan dikonsumsi.

Mengapa? sebab masalah sehat atau tidaknya telur tergantung dari pakan yang diberikan pada si induk ayam.

Jika pakan si induk ayam mengandung bahan yang menyehatkan, maka telur yang dihasilkan pun akan baik dikonsumsi.

Namun jika si induk ayam diberi pakan yang mengandung bahan tidak sehat serta mengandung bahan kimia, maka tentu bahan tidak sehat tersebut akan mempengaruhi kualitas telur. Jadi, tidak semua telur sehat dikonsumsi.

Biasanya, telur yang tidak sehat memiliki kandungan kolesterol tinggi.

Sayangnya, secara kasat mata konsumen tidak bisa membedakan mana telur yang menyehatkan, dan mana yang tidak. Kecuali diadakan penelitian mendalam di laboratorium.

Jadi, ada baiknya juga kebiasaan orang di desa yang memelihara sendiri ayam di halaman rumahnya. Pakan yang diberikan pada ayam kampung jelas lebih aman, sebab biasanya hanya berupa sisa makanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda