Scroll to Top

Barcelona vs Leverkusen 7-1: Lionel Messi Lima Gol

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 08 Mar 2012

Sihir. Barangkali inilah risiko kalau Lionel Messi harus beristirahat dalam sepekan. Karena akumulasi kartu kuning, sang mesiah tidak bisa memperkuat Barcelona saat menumpas perlawanan Sporting Gijon 3-1 di Liga Spanyol.

Barcelona vs Leverkusen 7-1

Akibatnya, sekali diturunkan, naluri mencetak gol Messi seperti “tidak terkendali”. Lima golnya membuat kiper Bayer Leverkusen, Bernd Leno, mungkin tak akan tidur sebulan.

Sudah menang 1-3 di leg pertama, Barcelona tampaknya masih ingin terus berpesta di Camp Nou. Trio di depan diisi oleh tiga jebolan akademi La Masia: Lionel Messi-Pedro Rodriguez-Cesc Fabregas.

Barcelona tampil dengan standard tinggi. Meski agak lambat di 10 menit pertama, dengan dua dirijen lini tengah Xavi Hernandez dan Andres Iniesta El Barca mulai mencecar pertahanan Leverkusen. Butuh 25 menit bagi mereka untuk mengoyak gawang Bernd Leno.

Lionel Messilah pelakunya. Menerima umpan chip lambung Xavi Hernandez, sang nomor 10 membawa bola sebelum melobnya melewati bahu kiri Leno. Gol pertama yang begitu berkelas menandai pembantaian besar-besaran dini hari tadi.

Papan skor sempat begitu pelit bagi Barcelona. Buktinya, butuh 17 menit untuk menggandakan kedudukan. Kali ini giliran Andres Iniesta yang menjadi arsitek gol. Umpannya sukses dilanjutkan dengan tarian Messi sebelum tendangan kaki kirinya menghunjam gawang klub Jerman di menit 42.

Ketika skor 2-0 menutup babak pertama, tidak akan ada yang menyangka 45 menit kedua akan menjadi waktu paling dikutuk oleh pasukan Leverkusen. Lima gol dibuat Barcelona dalam interval waktu 35 menit saja!

Lionel Messi mencetak hattricknya di menit 49. Gol ini mirip dengan gol pertama penyerang Argentina. Fabregas mengirimkan umpan yang memaksa para bek Leverkusen berlari mengejar Messi. Sang mesiah sekali lagi mengerjai Bernd Leno.

Unggul 3-0, Josep Guardiola mengistirahatkan dua kuncinya: Andres Iniesta diganti oleh Cristian Tello dan Xavi digantikan pula oleh Seydou Keita. Cuma dua menit Tello berada di lapangan, ia sudah mencetak gol lewat umpan cantik Cesc Fabregas. Sepakan kaki kanan sang pemain muda membenamkan Bernd Leno di menit 55.

Masih ada tiga gol lagi yang dibuat pasukan Barcelona. Messi mencetak gol keempatnya di menit 58. Tello kembali menyumbang gol untuk klubnya meski belum setengah jam bermain. Kali ini gol terjadi berkat kerjasama dengan Dani Alves.

Siapa pun tidak akan membantah, seandainya nilai seorang pemain sepakbola adalah 10 dalam sebuah pertandingan, Messi layak diberi nilai 11 dini hari tadi. Ia mencetak gol kelimanya di menit 84. Menerima umpan Seydou Keita, Messi melepaskan tembakan kaki kiri yang membuat Bernd Leno berdoa laga cepat selesai.

Tertinggal 7-0, Leverkusen memperkecil ketertinggalan melalui Karim Bellarabi di ujung pertandingan. Hiburan yang menyakitkan, karena wakil Jerman dihajar agregat 2-10.

Barcelona Leverkusen
18(10) Shots (on Goal) 7(1)
8 Fouls 11
6 Corner Kicks 1
6 Offsides 0
77% Time of Possession 23%
0 Yellow Cards 2
0 Red Cards 0
0 Saves 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda