Scroll to Top

‘Tutur Tinular 2011′ Ikutan Dapat Peringatan KPI

By Tyas / Published on Thursday, 08 Mar 2012

tutur-tinular-2011Masih ingat drama kolosal yang pernah melejit di tahun 2008, Tutur Tinular? Drama yang diadopsi dari cerita serupa di radio ini meraih banyak perhatian masyarakat karena akting dari pemain yang apik ditunjang dengan cerita yang menarik.

Tahun 2011 kemarin, Indosiar, stasiun televisi swasta yang menyiarkan Tutur Tinular, kembali menghadirkan serial kolosal ini namun dengan format dan pemeran yang berbeda. Mereka memilih judul ‘Tutur Tinular Versi 2011′.

Melihat judulnya yang tak jauh berbeda dengan versi awal, asumsi masyarakat adalah cerita ini hampir sama dengan yang lama namun ditampilkan kembali dengan pemeran yang berbeda sehingga lebih fresh.

Namun kenyataannya, cerita yang disuguhkan melenceng dari versi asli. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya keluhan yang disampaikan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang kurang lebih menyayangkan pelencengan cerita dari ‘Tutur Tinular 2011′ itu.

“Soal melenceng itu memang tafsiran, tetapi tolong aduan ini diperhatikan, mungkin aduan ini juga berasal dari para pecinta Tutur Tinular,” ungkap Nina, salah seorang anggota KPI pusat seperti dilansir Tabloid Bintang.

Pihak Indosiar yang dipanggil KPI untuk membahas masalah ini berdalih jika cerita Tutur Tinular hanyalah fiktif belaka, tidak ada unsur sejarah. Oleh karenanya, mereka menganggap sah – sah saja jika cerita yang disuguhkan berbeda dari versi asli.

“Walaupun fiksi tetap didalamnya ada settingan sejarah, harus diperhatikan karena agak sensitif,” bantah Ezki Suyanto, Wakil Ketua KPI Pusat yang turut hadir.

Setelah melewati perbincangan yang cukup alot, pihak Indosiar setuju untuk meninjau ulang tayangan yang cukup sukses ratingnya itu. Termasuk pakaian yang digunakan, Indosiar akan membicarakannya dengan pihak Production House yaitu Gentabuana Paramitha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda