Scroll to Top

Selamat Hari Perempuan Sedunia 2012

By C Novita / Published on Thursday, 08 Mar 2012

Sejarah hari perempuan sedunia

International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional yang jatuh tepat hari ini, 8 Maret, setiap tahunnya diperingati oleh berjuta perempuan di penjuru dunia.

Termasuk diantaranya artis Angelina Jolie dan Meryl Streep yang turut menghadiri World Women Summit atau Pertemuan Puncak Perempuan Sedunia yang berlangsung di New York. Ini merupakan tahun ke 3 peringatan tersebut mulai dilakukan.

Dalam pertemuan tersebut, parawanita dari berbagai negara menceritakan kesaksian dan kisah kaum perempuan di negara masing-masing dalam memperjuangkan hak mereka.

Dalam pertemuan tersebut dibahas pula masalah perlawanan wanita terhadap status quo, menentang perang, kekerasan, perbudakan dan eksploitasi.

Mengapa diputuskan tanggal 8 Maret ? Mari kita tengok sejenak sejarah Hari Perempuan Sedunia ini, yang tentu tidak terlepas dari peristiwa menyangkut kaum wanita.

Tahun 1910, kaum sosialis internasional dari 17 negara mengadakan pertemuan di Copenhagen, Denmark, yang diantara agendanya adalah membahas tentang hak-hak asasi wanita yang sering diabaikan.

Pertemuan tersebut akhirnya memutuskan untuk membuat Hari Perempuan Sedunia, agar hak kaum wanita lebih diperhatikan. Awalnya, Hari Perempuan Sedunia diperingati setiap tanggal 28 Februari.

Namun tahun 1920, peringatan tersebut tidak lagi diperingati, karena banyaknya konflik yang terjadi di dunia, termasuk perang.

Baru pada tahun 1975, PBB kembali memelopori diperingatinya Hari Perempuan Sedunia kembali dan diputuskan jatuh pada tanggal 8 Maret.

Bahkan Google pun ikut memberikan suport nya dengan mengganti logonya tepat tanggal 8 Maret. Semoga kaum wanita di seluruh dunia makin sejahtera dan mendapat hak-haknya secara adil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda