Scroll to Top

Hari Perempuan Sedunia 2012 – Google Doodle Hari Ini

By Moch Ridwan / Published on Thursday, 08 Mar 2012

hari perempuan sedunia 2012

Tidak banyak orang yang mengethaui bahwa hari ini 8 Maret 2012 diperingati sebagai Hari Perempuan Sedunia 2012. Google pun memberikan apresiasi khusus berkenaan dengan hari ini yaitu dengan mengubah Google Doodle-nya menjadi logo bernuansa perempuan.

Memang sih dalam hati Anda akan bertanya bukankah ada banyak hari yang sejatinya ditujukan untuk memperingati kaum hawa di dunia ini? Seperti hari Ibu yang jatuh tanggal Desember, hari Kartini setiap 21 April, atau hari ibu internasional yang jatuh pada 11 Mei.

Tapi tahukah Anda bahwa Hari Perempuan Sedunia ini sudah ada sejak awal ke-20. Saat itu berkembang era industrialisasi dan ekspansi ekonomi di dunia kerja. Kaum perempuan yang banyak bekerja di industri tekstil New York pada 8 Maret 1857 melakukan protes atas kondisi kerja yang buruk dan gaji yang rendah. Alhasil mereka pun bersitegang dengan polisi. Perkembangan selanjutnya kaum buruh perempuan ini kemudian membentuk serikat buruh dua tahun kemudian di bulan yang sama.

Kejadian paling tragis mengenai perjuangan buruh perempuan ini terjadi pada 1911 di sebuah pabrik triangle Shirtwaist yang mengakibatkan hilangnya nyawa sekitar 140 perempuan.

Hari Perempuan Sedunia 2012 yang diperingati hingga saat ini merupakan peringatan keberhasilan kaum hawa dalam mengubah kedudukannya di bidang ekonomi, politik serta sosial budaya.

Di Indonesia sendiri hari ini banyak diperingati oleh berbagai instansi dengan mengangkat topik penghapusan perdagangan manusia. Perdagangan manusia menjadi topik yang hangat akhir-akhir ini mengingat semakin mudahnya manusia mengakses dunia informasi. Seperti halnya baru-baru ini terjadi penyalahgunaan situs jejaring sosial untuk sarana ‘human trafficking’.

Selamat memperingati Hari Perempuan Sedunia 2012. Semoga perempuan di dunia menjadi semakin maju serta berkembang tak terlepas dari esensi kodrat mereka diciptakan di bumi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda