Scroll to Top

Penghambat Naiknya Berat Badan

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 08 Mar 2012

Banyak orang melakukan diet untuk mengurangi berat badan. Kesadaran memiliki berat badan ideal sudah menjadi kebutuhan saat ini. Namun, bagi mereka yang berat badannya kurang dari ideal pun banyak yang mencari cara agar bobot mereka bertambah. Porsi makan yang banyak sudah dilakukan. Tapi, upaya tersebut sering tidak membuahkan hasil.

kurang berat badan

Di balik usaha menaikkan berat badan itu, bukan hanya makan banyak saja yang  dijadikan jalan. Bisa jadi, metabolisme tubuh Anda berlangsung sangat cepat. Energi Anda cepat terbuang dibanding kalori yang Anda masukkan. Menurut rilis dari Times of India, ada beberapa hal yang bisa menghalangi jalan Anda untuk menaikkan berat badan.

  • Tingginya tingkat stres. Stres membuat Anda tidak bernafsu untuk makan. Orang stres cenderung mengalami pengurangan nafsu makan dan menghabiskan waktunya untuk fokus menghadapi situasi stres yang dihadapi. Jika Anda tidak mampu mengimbanginya dengan relaksasi, segera hubungi psikolog untuk membantu mengurangi tingkat stres Anda.
  • Bermasalah dengan penyerapan makanan. Kasus ini dialami penderita penyakit celiac, cystic fibrosis, atau steatorea. Pencernaan pasien tidak mampu menyerap lemak dari makanan yang masuk ke tubuh. Dia pun terlihat kurus. Konsultasi dengan ahli gizi klinis sangat disarankan dalam membantu mencari solusi atas masalah ini.
  • Hiperaktif. Biasanya ini terjadi pada masa anak-anak. Karena terlalu aktif bergerak, tubuh anak-anak hiperaktif akan banyak mengeluarkan energi. Jika tidak diimbangi dengan asupan gizi seimbang, kondisinya akan lemas. Oleh karena itu, beri makanan ringan yang cukup di samping makan tiga kali sehari. Sore hari, kadar gula darah juga menurun seiring banyaknya bergerak di siang hari.
  • Olahraga berlebihan. Berolahraga itu baik. Tapi kalau berlebihan juga punya efek samping bagi tubuh. Jangan terlalu memaksakan diri Anda berolahraga sampai kecapekan. Kontrol energi Anda, atau Anda akan lebih berat lagi untuk menaikkan berat badan menjadi ideal.

Terkait makanan, konsumsilah makanan yang padat kalori. Misalnya buah kering atau alpukat. Tetap makan secara teratur dengan jenis makanan sehat. Seperti roti, pasta, kentang, nasi, sereal, buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sumber vitamin B12. Hindari mengonsumsi junk food yang tidak menyehatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda