Nvidia Pertanyakan Klaim Apple Mengenai Performa Grafis A5X

Grafis A5XHari ini, Apple meluncurkan iPad baru yang menggunakan prosesor A5X SoC (System on Chip) yang menggunakan quad-core grafis serta mengklaim performa grafisnya 4 kali lebih cepat dibanding Nvidia Tegra 3.

Klaim Apple atas performa grafis di prosesor A5X ini telah membuat Nvidia gerah. Betapa tidak, Nvidia mempertaruhkan masa depannya pada platform Tegra.

Tegra 3 sendiri adalah SoC hasil rancangan Nvidia yang terdiri dari prosesor quad-core ditambah sebuah core companion dan didukung GeForce ULP untuk solusi grafisnya.

Nvidia sendiri adalah produsen kartu grafis GeForce yang cukup terkenal di kalangan pengguna PC dan Notebook berbasis x86.

Seperti yang dikutip dari Fudzilla, Pada slide presentasi peluncuran iPad Baru, Apple menampilkan grafik perbandingan performa antara Nvidia Tegra 3, Apple A5 dan Apple A5X dan menjadikan Tegra 3 sebagai “baseline”.

Pada slide yang dipresentasikan Apple menunjukan bahwa Apple mengklaim performa grafis A5X 4 kali lebih cepat dibanding Tegra 3 dan Apple A5 diklaim 2 kali lebih cepat dibanding Tegra 3.

Juru bicara Nvidia, Ken Brown, mengatakan bahwa klaim Apple tidak jelas. Ken Brown berpendapat demikian karena Apple tidak menjelaskan bagaimana cara menguji chip dan benchmark yang digunakan juga tidak disebutkan.

Ken Brown mengatakan bahwa pernyataan Apple hanya marketing gimmick, karena angka benchmark kinerja tidak ditampilkan dengan jelas.

Mungkin, Nvidia akan menguji sendiri chip Tegra 3 dengan Apple A5X dan membuktikan kinerja sebenarnya dari grafis Geforce ULP pada Tegra 3.

 

Komentar Anda

Leave A Response