Scroll to Top

Manchester United vs Athletic Bilbao 2-3: Dewa Kecil Bernama Iker Muniain

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 09 Mar 2012

Semua orang mengira, kekalahan Manchester United 1-2 dari Ajax Amsterdam beberapa waktu lalu disebabkan oleh sikap mereka yang terlalu santai. Maklum, dalam leg kedua 32 besar Europa League United hampir dipastikan sudah lolos dengan keunggulan sementara 0-2. Namun, kini semua orang harus mempertanyakan apa yang terjadi dengan Setan Merah. Mereka baru saja dihempaskan oleh Athletic Bilbao dengan skor tipis 2-3.

Manchester United vs Bilbao 2-3 (1)

Bilbao yang sejak masa kepelatihan Marcelo Bielsa sangat mengandalkan para pemain muda, tampil dengan starting XI yang sangat menggiurkan. Seperti yang disebutkan Sidomi beberapa jam lalu, rata-rata umur pasukan Bilbao hanya 23 tahun. Namun, secara umum Bilbao mendikte permainan United yang dihuni pemain berpengalaman seperti Patrice Evra dan Ryan Giggs.

Setan Merah sempat unggul di menit 22. Berawal dari sebuah tendangan bebas, tembakan Javier “Chicharito” Hernandez berhasil ditepis kiper gaek, Gorka Iraizoz. Namun, Wayne Rooney datang dan membuat 7000 fans Bilbao yang mengunjungi Old Trafford terdiam. 1-0.

Bilbao yang lebih menguasai permainan, akhirnya bisa menyamakan kedudukan di menit 44. Fernando Llorente yang sepanjang babak pertama merepotkan pertahanan United, akhirnya membuktikan kepiawaiannya urusan bola-bola atas. Umpang silang cantik Markel Susaeta ditanduknya ke gawang David De Gea. 1-1.

Babak kedua, United semakin meredup. Chris Smalling harus ditarik keluar setelah luka di kepalanya yang tercipta seminggu lalu saat berhadapan dengan Klaas Jan-Huntelaar kembali terbuka. Darah mengucur dan Michael Carrick diplot menggantikannya.

Bilbao sukses membalikkan keadaan di menit 72. Ander Herrera sukses mengerjai para pemain belakang United. Bola chipnya diterima dengan baik oleh anak muda lain bernama Oscar de Marcos. Tendangan voli pemain berusia 22 tahun menghunjam ke gawang Setan Merah. 1-2.

Manchester United vs Bilbao 2-3

Manchester United yang mencari gol penyama kedudukan, akhirnya tewas. Kali ini, oleh pemain yang lebih mungil dan lebih muda. Catatlah nama ini: Iker Muniain. Tak salah kalau media Spanyol menjagokannya akan menjadi pemain terbaik dunia empat-lima tahun lagi.

Aksi cemerlang David De Gea menepis tembakan De Marcos tidak diimbangi antisipasi yang baik dari Rafael. Muniain tak membuang peluang. Ditembakkannya bola untuk mengubah kedudukan menjadi 1-3 di menit 90.

United memang bisa memperkecil keadaan di menit 90+3. Hand ball De Marcos di kotak penalti memaksa wasit Florian Meyer menunjuk titik penalti. Wayne Rooney mencetak gol keduanya: 2-3.

Bilbao sukses mengamankan skor hingga laga berakhir. Sekaligus, membuat United akan mengalami masa paling sulit ketika bertandang ke San Mames. Bagi Sir Alex Ferguson, kekalahan kedua di kandang dalam laga Eropa ini membuat matanya terbuka: bahwa Europa League tidak semudah yang dibayangkan.

Man. United Bilbao
12(7) Shots (on Goal) 22(14)
11 Fouls 16
3 Corner Kicks 8
1 Offsides 2
45% Time of Possession 55%
0 Yellow Cards 1
0 Red Cards 0
9 Saves 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda