Scroll to Top

Menekuk Manchester United, Kemenangan Pertama Bilbao di Tanah Inggris

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 09 Mar 2012

Pasukan muda Athletic Bilbao sukses mengandaskan Setan Merah Manchester United. Dalam laga yang sepenuhnya milik Bilbao, United beruntung cuma kalah 2-3.

Athletic-Bilbao

Prestasi klub yang musim ini berpotensi meraih gelar ganda ini jelas luar biasa. Bilbao tidak gentar menghadapi Manchester United yang memiliki pemain-pemain berpengalaman. Dalam laga tadi pagi, tercatat ada Patrice Evra, Michael Carrick, atau Park Ji Sung yang berusia di atas 30 tahun. Namun, justru pasukan Marcelo Bielsa yang mampu mencetak kemenangan manis.

Keberhasilan Bilbao menaklukkan Manchester United ini sendiri merupakan kesuksesan pertama mereka ketika melawat ke tanah Inggris sepanjang sejarah. Sebelumnya, Bilbao pernah datang ke negeri ini delapan kali dengan catatan yang sangat tidak memuaskan: sekali imbang dan tujuh kali kalah.

Hasil seri pertama dan satu-satunya, didapat saat Bilbao bertandang ke Anfield, kandang Liverpool, pada musim 1983/1984. Ketika itu The Reds mampu membuat pasukan San Mames bermain imbang 0-0.

Di lain kesempatan, menghadapi lawan yang sama, Bilbao kalah tipis 2-1 oleh Liverpool di Anfield. Rojiblancos juga tidak berdaya dengan duo Manchester. Bilbao pernah dihajar oleh Manchester United dan Manchester City dengan skor kembar 3-0.

Lawan-lawan lain dari Inggris juga menjadi momok menakutkan bagi klub yang diisi orang-orang keturunan Basque. Misalnya, Birmingham City dan Aston Villa. Menghadapi dua klub yang memiliki catatan sejarah lumayan bagus ini, Bilbao juga kalah dengan skor sama 2-1.

Pertemuan lain adalah menjumpai Southampton. Lagi-lagi Pasukan San Mames dibekap dengan skor tipis 2-1. Sementara itu, Newcastle United juga pernah membuat Bilbao menikmati perihnya kekalahan. The Magpies pernah memaksa Bilbao menyerah 3-2.

Total, sebelum menang dari Manchester United hari ini, Bilbao mencatat rekor memasukkan 6 kali dan terbobol 17 kali. Sebuah hal yang semestinya berlanjut jika hanya melihat rekor Manchester United era Sir Alex Ferguson yang baru kali ini terjun di Europa League.

Namun faktanya, di pertandingan kesembilan melawat ke Inggris —sesuai dengan anggapan bahwa angka 9 adalah angka keberuntungan dan paling sempurna— Bilbao memupus tragedi buruk mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda