Scroll to Top

Ketika Fans Inggris Memihak Athletic Bilbao

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 09 Mar 2012

8.000 fans Athletic Bilbao yang mengunjungi Old Trafford tidak akan pernah melupakan laga dini hari tadi. Untuk pertama kalinya, klub kesayangan mereka mampu menaklukkan tanah Inggris dalam sembilan percobaan. Tak kalah penting, Bilbao menciptakan kemenangan perdana mereka atas klub yang menjadi raja nyaris tak terkalahkan di Premier League dalam 20 tahun terakhir, Manchester United.

Athletic Bilbao 2

Bilbao yang mengandalkan kolektivitas para pemain muda mereka, benar-benar mengerjai Manchester United. Baik dari segi tembakan ke gawang maupun ball possessions, Bilbao unggul atas finalis Liga Champions musim lalu.

Kesuksesan Bilbao menekuk Manchester United mengundang reaksi positif. Bahkan, fans dari tanah Inggris tak lupa memuji anak-anak muda San Mames.

Misalnya, John Kime. Dengan sedikit sinis, ia berkata, “Benar-benar kalah kelas! Beruntung (Manchester United) cuma kalah 2-3.”

Danny Mc yang mengaku tinggal di Manchester, berkata, “Athletic Bilbao brilian dan membuat Manchester United terlihat biasa-biasa saja. Bagaimana kami bisa meraih posisi dua di klasemen sementara (Liga Inggris) dan meraih banyak poin? Ini benar-benar tidak masuk akal. Cuma keberuntungan?

Seseorang yang memakai nama ScotchEggsRule, tak kalah sadis dalam berbicara. Katanya, “(Fernando) Llorente menampung semua kriteria seorang target man yang Anda inginkan. Ia benar-benar mimpi buruk bagi pertahanan lawan. Kalau (Andy) Carroll (yang sama-sama tinggi) bernilai 35 juta poundsterling (padahal terlihat malas dan tidak agresif), lalu berapa harga yang pantas untuk Llorente?

Tak lupa, Mike yang berasal dari Manchester, tidak malu mengakui kekalahan klubnya, “Kontrol bola, pergerakan, dan passing yang luar biasa dari Bilbao. Jika Anda melihat klasemen La Liga, Bilbao terpaut 30 poin dari Real Madrid (saat ini Bilbao 37 poin sedangkan Real Madrid 67 poin). Bilbao juga terpaut 20 angka dari Barcelona (57 angka). Maka, di manakah Manchester United dan Manchester City akan berada di Liga Spanyol? Sungguh sebuah kebanggan tersendiri bagi saya untuk menonton Barcelona (menang 7-1 vs Leverkusen) dan Bilbao bermain pertengahan pekan ini. Mereka menunjukkan bagaimana sepakbola harus dimainkan.”

Bilbao sendiri terdiri dari pemain-pemain muda. Rata-rata usia mereka yang cuma 23 tahun membuat Barcelona dan Real Madrid harus waspada 2-3 tahun lagi. Bukan tidak mungkin, Bilbao yang murni mengandalkan keturunan orang Basque, akan membuat tercengang klub-klub yang mengandalkan uang berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda