Scroll to Top

Selamat Hari Musik Nasional

By angelberta / Published on Friday, 09 Mar 2012

hari musik nasional

Tepat hari ini, 9 Maret 2012, Indonesia kembali memperingati Hari Musik Nasional. Tahun ini, memasuki Hari Musik Nasional yang ke-8.

Gagasan Hari Musik Nasional yang diresmikan di Istana Negara Indonesia, berangkat dari keprihatinan musisi nasional atas maraknya pembajakan yang dilakukan terhadap karya-karya mereka.

Mungkin diantara Anda masih ada beberapa yang belum tahu tentang Hari Musik Nasional di Indonesia.

Pencanangan Hari Musik Nasional, diusulkan oleh Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI), ketika Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri meluncurkan situs meluncurkan situs PAPPRI pada tahun 2003.

Penetapan Hari Musik Nasional bertepatan dengan hari lahir sang pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman (W.R. Supratman), pada tanggal 9 Maret 1903.

Tujuan peringatan Hari Musik Nasional mengandung nilai-nilai mulia antara lain perlindungan karya cipta dari pembajakan, penghargaan kepada musisi, menempatkan musik nasional sebagai bagian budaya dan pendidikan karakter bangsa, dan menjadikan musik sebagai alat pemersatu bangsa.

Jika menyinggung masalah pembajakan musik  dan lagu di Tanah Air ini, Indonesia menduduki peringkat pertama untuk kategori negara dengan pembajakan tertinggi di dunia.

Jumlah produk musik yang beredar secara legal, jauh di bawah jumlah produk musik dalam bentuk bajakan secara illegal. Entah itu pembajakan dalam bentuk fisik maupun bentuk digital. Lihat saja sekarang banyak situs-situs yang menawarkan karya-karya musisi, bahkan musik dan lagu-lagu tersebut bisa di download secara gratis.

Megawati Soekarnoputri menghimbau PAPPRI untuk menyebarluaskan pemahaman tentang hak cipta khususnya musik dan lagu seperti tertulis pada Undang-Undang Nomor 19/2002 Tentang Hak Cipta Terhadap Karya Musik.

Masyarakat harus mengetahui pemahaman tentang moral dan ekonomi dari sebuah karya cipta musik maupun lagu. Sebab pemerintah Indonesia memberikan perlindungan yang memadai terhadap karya cipta , khususnya karya musik.

Untuk mendukung kemajuan musik Indonesia, bukan hanya peran dari para musisi dan penikmat musik saja tentunya, namun juga dari pihak industri musik itu sendiri.

Seperti apa masyarakat Indonesia merayakan Hari Musik Nasional 2012?

Di Sukoharjo, Jawa Tengah, punya cara unik untuk memperingati perayaan Hari Musik Nasional. Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sukoharjo menggandeng pemuda dan elemen musik se-Sukoharjo, menggelar aksi cap jempol like this pada tokoh musik di Proliman Sukoharjo.

Di Pasuruan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Eddie Sasmita, membuka acara “Percussion Festival on the River” pada 4 Maret kemarin, untuk menyambut Hari Musik Nasional. Sedangkan di Surabaya, sejumlah musisi rock berziarah kubur ke makam pencipta lagu Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman, di Surabaya.

Selamat Hari Musik Nasional. Junjung Tinggi Hak Cipta Karya Musik. Stop Bajak-Membajak!!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda