Scroll to Top

Jose Mourinho Pelatih dengan Persentase Kemenangan Terbaik di Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 09 Mar 2012

Apa pun yang terjadi pada duel menghadapi Real Betis di Benito Villamarin akhir pekan ini, Jose Mourinho tetap akan membukukan rekor sebagai pelatih terbaik dalam 100 pertandingan pertamanya bersama klub Spanyol. The Special One yang baru menangani Real Madrid dalam waktu kurang dari dua tahun, mampu menyingkirkan pelatih legendaris Real Madrid dan musuhnya saat ini, Josep Guardiola.

jose-mourinho-real-madrid

Saat ini, Mou sudah melakoni 99 pertandingan bersama Real Madrid. Dari jumlah tersebut, ia mampu mengumpulkan 76 kemenangan, 13 kali hasil seri, dan 10 kali kekalahan. Persentase Mou saat ini adalah 76,7%. Bahkan, andai Real Madrid kalah dari Real Betis sekalipun, persentase kemenangan The Special One cuma bergeser ke angka 76%.

Angka ini lebih baik daripada catatan yang didapatkan oleh Josep Guardiola di 100 pertandingan pertamanya bersama Barcelona. Pep cuma mengumpulkan persentase sebesar 70%.

Sementara itu, pelatih Real Madrid di akhir 1950-an, Miguel Munoz, juga tak mampu menyaingi kehebatan Jose Mourinho untuk menggapai kemenangan. Munoz cuma mengumpulkan persentase yang sama dengan Pep, 70%.

Dari 76 kemenangan yang didapatkan Jose Mourinho, kemenangan terbesar dicatatkan saat menghajar Levante 8-0 di Santiago Bernabeu dalam ajang Copa del Rey musim lalu.

Khusus musim ini, meraih kemenangan dengan banyak gol adalah hal biasa sebelum bulan Januari 2012. Real Madrid sempat mencukur tuan rumah Real Zaragoza 0-6 di duel pertama La Liga musim ini. Los Blancos juga sukses mencukur Osasuna 7-1 di Bernabeu. Setelah sempat melambat dengan beberapa kali menang tipis, Real Madrid kembali melaju setelah melumat Racing Santander 4-0 dan terakhir Espanyol 5-0.

Dari sekian kemenangan, hasil paling membahagiakan tentunya didapatkan di final Copa del Rey musim lalu. Ketika itu tandukan Cristiano Ronaldo sukses membuat Real Madrid membungkam Barcelona 1-0.

Sementara, kekalahan terbanyak dari 10 hasil buruk era Jose Mourinho, didapatkan dari Barcelona. El Barca mampu menumbangkan Madrid lima kali atau 50% dari total kekalahan Los Blancos. Dimulai dari adegan salam lima jari ketika pasukan Pep Guardiola melumat Real Madrid 5-0, kemudian kemenangan 0-2 di leg pertama semifinal Liga Champions musim lalu.

Musim ini, Madrid sempat menderita tiga kekalahan beruntun dari Barcelona. 3-2 di Piala Super Spanyol, 1-3 di Liga Spanyol, dan 1-2 di Copa del Rey. Namun, di laga terakhir menghadapi sang musuh bebuyutan, Los Blancos tampil luar biasa untuk memaksakan hasil imbang 2-2 di Copa del Rey meski laga digelar di Camp Nou.

Berikut ini tabel kemenangan Real Madrid hingga pertandingan ke-99 Jose Mourinho.

Kompetisi M M S K Gol Bobol
La Liga 63 51 6 6 187 54
Liga Champions 19 14 4 1 45 9
Copa del Rey 15 11 2 2 35 10
Piala Super Spanyol 2 0 1 1 4 5
TOTAL 99 76 13 10 271 78

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda