Scroll to Top

Balon Udara Bisa Jadi Alternatif Selain Pesawat

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 10 Mar 2012

balon-udaara

Pesawat menjadi alat transportasi umum itu biasa. Namun, kalau untuk terbang menggunakan balon udara mungkin masih jarang keberadaannya. Menurut Jeremy Wiley, pendiri perusahaan transportasi Tethered Air, balon udara bisa dievolusi menjadi sebuah kendaraan udara yang berguna untuk menuju area yang tidak bisa dijangkau pesawat umumnya. Dia juga mampu mengangkut beban yang cukup berat di luar kapasitas pesawat normal.

Ide ini kemudian bisa dikembangkan pada prosedur bongkar muat peti kemas. Bongkar muat ke kapal tidak perlu lagi harus merapatkan kapal ke pantai melalui pelabuhan. Cukup peti kemas itu didistribusikan menggunakan balon idara dengan memanfaatkan kabel yang bermekanisme robotik. Jadi distribusi kargo bisa langsung dari kapal ke pantai dan sebaliknya.

“Sistem seperti ini akan jauh lebih murah dan lebih efisien,” kata Jeremy, seperti dikutip National Geographic.

Sementara itu, ilmuwan Inggris Leon Eversfield, mengatakan, balon udara juga dinilai mampu dikembangkan dengan banyak teknologi yang memakan biaya  jauh lebih efisien. Pada penanganan bencana, contohnya, balon udara sanggup membawa banyak perangkat bantuan dan menyusur berbagai wilayah yang terisolasi.

Jeremi mengingatkan kembali peran balon pada gempa di Haiti 2010 lalu. Balon udara dijadikan salah satu peralatan untuk mengirim bantuan.

“Dengan menggunakan balon, dalam hitungan jam, suplai akan sampai dengan menggunakan balon ini,” ujar Jeremi.

Meski potensi penggunaan balon udara terbuka lebar, Jeremi belum ingin memulai proyek ini dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda