Scroll to Top

Iker Casillas Masuk Daftar 10 Pemain Terbanyak Berlaga di Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 10 Mar 2012

Langkah demi langkah, Iker Casillas terus mengukirkan namanya dalam sejarah sepakbola Spanyol. Lelaki bertingi badan 182 cm ini masuk ke tim junior Real Madrid sejak tahun 1990/1991. Ia dipanggil untuk mengisi daftar kiper cadangan tim utama Los Blancos 7 tahun kemudian.

Iker Casillas

Meski cuma duduk di bangku dan menyaksikan laga timnya menghadapi Rosenborg, Casillas sudah memberikan sinyal kelak ia akan menjadi salah satu kiper terbesar dalam sejarah Real Madrid, Spanyol, dan dunia.

Tak terasa 608 pertandingan sudah dilaluinya. Esok hari pukul 04.00 Casillas akan mencatatkan sejarah. Ketika membantu timnya menghadapi Real Betis di Benito Villamarin, Casillas akan masuk dalam daftar 10 pemain terbanyak di Liga Spanyol berdasarkan hitungan menit. Saat ini, Casillas sudah mengantongi 39.711 menit bermain di kompetisi terbaik dunia ini.

Andai bermain full 90 menit saat Real Madrid dijamu oleh Real Betis, Casillas akan mendapatkan catatan 39.881 menit. Artinya, ia mampu menggeser peringkat 10 pemain terbanyak bermain di Liga Spanyol saat ini yang dipegang oleh Alberto Gorriz Echarte.

Alberto Gorriz Echarte adalah pemain Spanyol yang berkarier sejak 1977 hingga 1993 di La Liga. Ia menjadi salah satu pemain yang berperan penting pada masa kejayaan Real Sociedad pada tahun 1980-an.

Jika Casillas mampu menyalip Gorriz esok hari, maka target berikutnya adalah menyalip Raul Gonzalez mantan rekan setimnya yang berada di peringkat sembilan.

Namun, Iker Casillas harus sedikit bekerja keras untuk memecahkan rekor pemain dengan menit bermain terbanyak di La Liga. Rekor ini saat ini dipegang oleh eks kiper terbaik Spanyol era akhir 1980-an hingga 1990-an, Andoni Zubizarreta. Eks kiper Barcelona dan Valencia ini mencatatkan angka bermain 55.746 menit.

Artinya, Iker Casillas mesti terus mendapatkan kesempatan sebagai kiper utama di Real Madrid hingga musim 2016/2017 untuk memecahkan rekor Zubizaretta. Kala itu, kekasih Sara Carbonero sudah berusia 36 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda