Scroll to Top

Ponsel Benar-Benar Mengalihkan Duniamu

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 11 Mar 2012

Hati-hati kalau mulai kecanduan ponsel. Alat komunikasi ini memperburuk aktivitas sosial penggunanya. Mereka lebih suka bergaul dengan ponsel daripada bertegur sapa dengan orang lain di dunia nyata. Cuek, menjadi sikap yang kerap ditunjukkan pecandu ponsel terhadap lingkungannya.

kecanduan ponsel

Ini terlihat dari penelitian yang dilakukan University of Maryland. Dari sejumlah mahasiswa yang memiliki ponsel, mereka ditanyai tentang ketertarikan terhadap kehidupan sosial. Ternyata hasilnya berbeda antara mahasiswa yang baru saja memainkan ponsel dan yang agak lama berjauhan dengan ponsel.

Mereka yang tidak memakai ponselnya kurang lebih 3-5 menit cenderung mengatakan “iya”. Sebaliknya, mahasiswa yang baru saja meletakkan ponselnya sampai baras tiga menit, kebanyakan menjawab tidak tertarik dengan aktivitas sosial.

Dari sini tampak nyata terkait anggapan ponsel bisa menjauhkan orang-orang yang ada di dekatnya. Sisi positifnya, ponsel mampu mendekatkan diri dengan orang-orang yang lokasinya jauh dengan pemilik ponsel. Ponsel sudah membuat perubahan pandangan seseorang tentang pentingnya bersosialisasi di dunia nyata. Apalagi, ponsel sekarang juga memudahkan seseorang mengakses ke jejaring sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda