Scroll to Top

Yamaha Kembangkan Sistem Elektronik Super Canggih

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 11 Mar 2012

Yamaha Electronics System

Keseriusan Yamaha mengarungi kompetisi MotoGP musim 2012 tidak bisa lagi dipandang sebelah mata oleh lawan-lawannya.

General Manager Yamaha Motorsport Development Division, Masahiko Nakajima dengan jelas mengatakan saat ini mereka tengah mengembangkan sebuah generasi terbaru sistem elektronik yang akan mereka pasangkan pada motor YZR-M1 1000cc.

Sistem elektronik yang telah ada sekarang adalah pengembangan dari sistem yang Yamaha miliki pada motor YZR-M1 800cc. Sementara sistem elektronik generasi terbaru masih dalam tahap persiapan dan belum tahu kapan akan mereka luncurkan.

Nantinya sistem elektronik yang dibangun atas kerja sama dengan Magneti Marelli tersebut akan mampu memetakan secara lebih detail segala sesuatu yang terjadi pada motor. Juga seolah memiliki hubungan dengan pembalap yang mengendarainya

“Generasi komputer yang sudah ada memiliki sebuah model di dalamnya”, jelas Nakajima. “Jadi komputer mengetahui sesuatu seperti ‘sekarang motor sedang berdiri, atau miring, atau mengerem pada suatu tikungan. Ini adalah normal. Kompetitior kami juga memiliki sistem kontrol seperti ini.”

“Untuk generasi terbaru kami membutuhkan model yang lebih detail di dalam komputer dan bagaimana menjalankan mesin atau sasis secara efektif. Jika pembalap percaya pada motornya, mereka bisa menjadi lebih cepat.”

Meski belum mengetahui kapan teknologi ini akan diluncurkan, Nakajima berharap sistem elektronik generasi terbaru ini bisa rampung pada awal musim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda