Scroll to Top

Komposer Addie MS Mengajarkan Orkestra Di Sekolah Dasar

By angelberta / Published on Monday, 12 Mar 2012

Addie MS orkestra

Akhir-akhir ini, musik orkestra mulai marak masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Fenomena ini sangat menarik perhatian komposer terkenal Tanah Air, Addie MS.

Addie MS atau lengkapnya bernama Addie Muljadi Sumaatmadja yang dikenal sebagai komposer, konduktor, pianis, pencipta lagu, arranger dan produser musik ini nampaknya tidak pernah cukup puas dalam bidang seni musik.

“Saya tidak pernah cukup puas. Sampai saat ini terus ‘on going’, ilmu ini harus dibagikan ke orang lain. Sampai kapanpun, saya tidak akan pernah lelah berbagi ilmu ini pada orang lain,” ungkap Addie MS.

Menurut Inilah, ia mengajarkan orkestra kepada siswa-siswi SD Al-Izhar Jakarta. Ayah kandung Kevin ‘Vierra’ ini rela mengeluarkan biaya besar demi untuk mengajarkan orkestra kepada anak-anak sekolah. Bahkan Addie MS sama sekali tidak meminta bayaran, ia hanya ingin berbagi saja tanpa bayaran.

“Gini ya, musik orkestrasi itu menjadi alat edukasi, dan belakangan ini menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, terutama sekolah swasta. Kalau di luar negeri, tingkat Asia saja misalnya, orkestrasi ini sudah menjadi kegiatan resmi di sekolah. Ini sangat membanggakan,” sambungnya.

Suami penyanyi Memes ini berharap agar musik orkestra bisa diterima oleh masyarakat Indonesia dengan mudah sebab musik orkestra tidak hanya identik dengan budaya Barat.

“Semoga sekolah dan orang tua semakin terbuka, bahwa orkes symphoni bukan kesenian barat. Kalau orang mudah menerima teknologi dari Barat, kenapa tidak di protes. Tapi giliran mendengarkan musik klasik, dianggapnya budaya barat,” tandasnya

Terlepas dari musik orkestra yang merupakan bagian dari kebudayaan Barat, Addie MS justru menyimpulkan musik adalah simbol persatuan dan kebersamaan dalam perbedaan.

“Musik adalah simbol persatuan dan kebersamaan dalam perbedaan. Didalam musik juga, terselip makna disiplin dan komitmen yang erat untuk mereka jalani,” pungkas penata musik di film ‘Biola Tak Berdawai’ ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda