Scroll to Top

OS X Lion dan Google+ Menggunakan Circle, Siapa Penirunya?

By Ivan Azzam / Published on Monday, 04 Jul 2011

Apa anda sadar bagaimana Apple dan Google telah fokus pada sesuatu bernama circle akhir-akhir ini? Baik Mac OS X Lion dan Google+ memiliki fitur mirip yaitu circle yang melingkari foto pengguna mereka, dengan hal tersebut muncul pertanyaan, siapa meniru siapa?

Mungkin ini hal yang cukup sepele, tapi tetap saja menarik untuk dilihat, hal ini disebabkan karena dua industri TI raksasa, Google dan Apple merilis dua produk, dalam waktu berdekatan yaitu rentang waktu satu bulan saja.

User Circle Photos

Hubungan antara Google+ dan OS X Lion makin dekat, tentu dikarenakan Google merekrut Andy Hertzfeld, arsitek utama software dari Macintosh asli untuk merancang Google+. Tapi Hertzfeld meninggalkan Apple hampir tiga dekade lalu, jadi jelas dia tidak membawa rahasia mengenai fitur circle, dengan asumsi fitur circle ini asli dari Apple.

Motif dari lingkaran tersebut jelas masuk akal jika di Google+, dimana dijelaskan dengan metafora mengenai lingkaran pertemanan (lihat gambar diatas). Sama halnya di Lion, AirDrop, sebuah layanan baru di Lion yang memberi kesan lingkaran yang sama dengan tampilan lingkaran teman Google+, dimana AirDrop mengilustrasikan pengguna Mac lain di dekat anda berada.

Jadi kini muncul pertanyaan di benak anda, siapa meniru siapa di sini? (via cultofmac.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda