Scroll to Top

Sedekah Rombongan: Gerakan Sosial untuk Amal Kemanusiaan

By Ibnu Azis / Published on Monday, 12 Mar 2012

Sedekah Rombongan_1

Tidak sedikit social movement atau gerakan sosial yang muncul dari media sosial. Sebut saja Twitalk dan Akademi Berbagi.

Kini ada satu lagi gerakan sosial yang hadir untuk amal kemanusiaan: memburu si sakit dan si miskin, serta orang-orang terabaikan.

Gerakan ini dipelopori oleh Saptuari Sugiharto atau di linimasa memakai nama pengguna @Saptuari. Dikutip dari SedekahRombongan.com, awal lahirnya social movement ini bermula dari tulisannya di Saptuari.com yang membahas soal Putri Herlina (juni 2011).

Respon dari tulisan tersbut luar biasa. Dan berangkat dari moment tersebut, pemilik Kedai Digital Corp ini kemudian menggagas Sedekah Rombongan.

Sedekah Rombongan_2

Secara Resmi Sedekah Rombongan lahir pada 9 Juni 2011. Dan gerakan sosial ini telah mampu menolong mereka yang kesulitan dan memiliki hambatan soal biaya.

Saptuari Sugiharto dkk menjalankan Sedekah Rombongan secara pribadi. Mereka tidak digaji, bahkan biaya bensin ditanggung sendiri. Dan 100% dana Sedekah Rombongan mampu tersampaikan tepat sasaran.

Meski Sedekah Rombongan bergerak tanpa pamrih dan menutup sendiri biaya opersional, keajaiban kerap terjadi terhadap relawannya.

Sebagai contoh ketika Sedekah Rombongan menyalurkan bantuan Rp 1 juta, malamnya salah satu relawan mendapat pesanan batik dari London senilai Rp 700 juta.

Marjunul salah satu anggota relawa Sedekah Rombongan mengaku omzet tokonya meningkat pesat setelah bergabung.

Sedekah Rombongan_3

Ia menghitung rupanya dana yang disalurkan melalui tangannya dilipatgandakan belasan kali lipat melalui transaksi bisnisnya.

Saptuari Sugiharto dkk dengan Sedekah Rombongan tidak terkait dengan partai politik. Mereka juga tidak akan nyalon dalam Pilkada. Mereka tidak membuat sebuah citra positif di masyarakat.

Orang-orang muda seperti Saptuari Sugiharto dkk mungkin sudah langka di Indonesia. Setiap hari mereka berkeliling dengan jutaan uang cash di mobilnya.

Mereka mencari dan mencari orang yang butuh bantuan. Mereka konsisten di jalanan dan menolak sumbangan berembel-embel partai politik.

Dan sudah lebih dari Rp 1 miliar mereka salurkan yang berasal dari penggalangan di internet.

“Mari terus bergerak dan ikut mengangkatnya bersama-sama! Gak ada perbuatan baik yang sia-sia. Untuk tabungan kelak di kuburan kita semua. Sayangilah mereka yang ada di bumi, agar engkau dicintai yang ada di langit,” tulis Sedekah Rombongan di SedekahRombongan.com.

Berminat untuk bergabung dengan aktivis Sedekah Rombongan, sila ikuti akun mereka di Twitter: @pitungmasakini dan @Srbergerak atau ikuti aktivitasnya di tagar #SedekahRombongan.

Atau jika Anda berminat memberikan bantuan ke mereka yang membutuhkan, sila dialamatkan ke: Rekening Khusus #SedekahRombongan: Rek BCA: 456-492-1400 atau Rek Mandiri: 137-00-8979-8900, a/n Saptuari Sugiharto.

Untuk informasi lebih lengkap tentang Sedekah Rombongan dapat mengikuti tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda