Scroll to Top

NETRA: Gadget Ini Membuat Smartphone bisa Mendeteksi Penyakit Mata

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 13 Mar 2012

Netra

Ada lebih dari dua miliar penduduk di muka bumi ini yang menderita gangguan visual akibat kesalahan bias ketika cahaya masuk ke mata secara tidak benar.

Kesalahan bias ini – seperti rabun jauh dan rabun dekat – adalah penyebab kedua tingkat kebutaan di seluruh dunia.

Dengan 2% dari seluruh populasi dunia, hal tersebut dinilai sangat serius. Dan para peneliti dari MIT (Massachusetts Institute of Technology) Media Lab, mengembangkan sebuah alat yang mampu membantu pengujian penglihatan.

Dengan demikian, alat ini nantinya dapat disematkan dalam smartphone dan digunakan bagi mereka yang hidup di negara-negara berkembang yang sangat membutuhkan akses alat bantu penglihatan.

Alat tersebut bernama NETRA atau The Near Eye Tool for Refractive Assessment, sangat terjangkau. Hanya sekitar USD 2 dalam proses pembuatannya.

NETRA dapat memberikan Anda perangkat pemeriksaan mata yang hampir lebih murah daripada mendapatkan tes yang sesungguhnya pada dokter mata setempat.

“Kami memiliki uji coba di India, Kenya, Amerika Serikat, dan Brasil. Hasilnya benar-benar dekat dengan menggunakan metode lain seperti retinoscopy, auto-refractors, dan refraksi subyektif. Sejak saat itu, kami telah memerbaiki lensa mata kita untuk membuatnya lebih mudah dan sederhana untuk digunakan,” papar Victor Pamplona, penulis Majalah Netra dan teknisi pengujian lapangan.

Masih menurutnya, ia dan rekannya telah menggunakan teknologi NETRA untuk mendeteksi katarak, penyebab utama kebutaan di dunia.

Perangkat NETRA yang disebut Catra, telah menjalani uji coba di Amerika Serikat, India, dan Meksiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda