Scroll to Top

Coca-Cola Bantah Produknya Karsinogenik

By Ilham Choirul / Published on Monday, 12 Mar 2012

Coca_Cola

Coca-Cola Company, melalui Coca-Cola Indonesia, membantah adanya risiko kesehatan atas produk colanya yang mengandung zat 4-methylimidazole (4-MEI) yang ditulis Sidomi News beberapa waktu lalu. Dalam email klarifikasinya, Coca-Cola menyatakan penggunaan zat tersebut untuk pewarna karamel diizinkan oleh berbagai otoritas kesehatan seluruh dunia, termasuk Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia.

Beberapa waktu lalu sejumlah media telah merilis kabar tentang penyesuaian resep Coca-Cola dan Pepsi atas permintaan Negara Bagian California di AS. Otoritas setempat menginginkan adanya penurunan kadar 4-MEI karena diduga bersifat karsinogenik, atau menyebabkan kanker, dalam jangka panjang menurut penelitian yang diyakininya.

Selain itu,  Negara Bagian California juga mewajibkan pencantuman label peringatan pada produk.produk makanan yang mengandung  4-MEI. Zat ini ini kerap terbentuk dalam pemasakan sejumlah makanan dan minuman, termasuk karamel.

Namun, Coca-Cola membantah dasar pengambilan keputusan itu. Berbagai penelitian yang ada, dikatakannya, tidak mendukung argumen yang menyatakan zat tersebut karsinogenik. Dan, aturan tersebut hanya berlaku di California. Negara bagian AS lainnya tidak ada yang menerapkan aturan serupa. Hanya saja, Coca-Cola tetap memodifikasi resepnya untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh Negara Bagian California.

“Meskipun kami percaya bahwa tidak ada resiko kesehatan yang mendukung keputusan kami ini,  namun kami telah meminta pemasok (supplier) karamel kami melakukan langkah tersebut sehingga produk kami tidak diwajibkan mencantumkan peringatan, yang secara akademis tidak berdasar. Perlu kami tegaskan bahwa perubahan yang dilakukan ini tidak akan berpengaruh terhadap produk kami,” tulis Coca-Cola Indonesia dalam klarifikasi.

Coca-Cola juga menyatakan, setiap proses dan bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan aturan di tiap negara tempatnya berproduksi dan dalam pengawasan ketat. Sehingga, Coca-Cola menjamin keamanan produknya dari sisi risiko kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda