Scroll to Top

Google Kanna, Interface Google Yang Batal Diluncurkan di 2007

By Ditya / Published on Monday, 12 Mar 2012

Google Kanna 2007

Pada hari ini, sekelompok ‘Googler’ memamerkan beberapa prototipe desain yang belum pernah dilihat sebelumnya di ajang SXSW, Austin, Texas. Prototipe desain ini menuju arah desain yang sangat berbeda dari apa yang diluncurkan oleh Google.

Pada peluncuran 2011, proyek ini dijuluki “Strawman”, ini merupakan salah satu hal yang terbesar dalam sejarah perusahaan raksasa Google.

Google berusaha untuk mendesain ulang pada tahun 2007 dengan julukan proyek “Kanna”. Kanna dalam istilah Islandia berarti “untuk memeriksa, mengeksplorasi, menyelidiki”.

Tim Google membangun proyek Kanna dengan 4 unsur utama, yaitu : menyenangkan, organisasi, berani dan minimalisme. Google akhirnya menarik dukungan dari proyek Kanna karena kurangnya antusiasme dari kalangan eksekutif Google.

Berbagai tim di Google (Google Map, Gmail, Chrome dan Google Search) juga membahas perubahan struktur yang mendasar terhadap desain tahun 2011.

Banyak produk Google yang lambat berkembang setelah bertahun-tahun dan panel menghubungkannya dengan tim-tim dalam Google (Chrome, Search, Gmail, Reader, dll.) hingga ke creative lab dan desainer.

Seperti yang dikutip dari Theverge, proyek Kanna ini didukung oleh CEO Google, Larry Page untuk membantu transisi ke desain baru tersebut.

Google sudah mendapatkan berbagai saran dan kritik selama bertahun-tahun untuk pengujian data maupun masalah desain, dan hal tersebut cukup berpengaruh bagi keputusan perusahaan.

Desainer Google saat ini masih mempelajari tentang pendekatan yang ramah dan holistik untuk desain masa depan Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda