Scroll to Top

Diabetes Sebabkan Tuli Lebih Dini

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 13 Mar 2012

gangguan pendengaran

Penderita diabetes dari kalangan wanita mesti menjaga diri mengontrol gula darah. Pasalnya, mereka bisa memiliki masalah pendengaran saat berumur tua jika gangguan metabolisme tidak bisa dikontrol.

Menurut penelitian Henry Ford Hospital di Detroit, saat wanita memasuki usia 60-75 tahun dan memiliki kadar gula darah stabil, pendengarannya sama dengan yang tidak punya keluhan diabetes. Namun, hasil berbeda dialami wanita usia tersebut yang hidup dengan diabetes.

Bukan berarti wanita di bawah 60 tahun dengan diabetes berada dalam kondisi aman untuk urusan pendengaran. Mereka juga punya risiko sama menghadapi masalah kurang baik dalam mendengar. Hanya saja, menginjak usia tua menjadi lebih buruk keadaannya.

“Gangguan pendengaran adalah bagian normal dari proses penuaan bagi kita semua, tetapi sering dipercepat pada pasien dengan diabetes, terutama jika tingkat glukosa darah tidak dikontrol dengan obat dan diet,” ujar¬†Derek J. Handzo, D.O., dari Department of Otolaryngology-Head and Neck Surgery di Henry Ford.

Handzo mengatakan, gangguan pendengaran ditandai dengan kesulitan mengidentifikasi percakapan dalam suatu kelompok besar. Penderitanya juga tidak sempurna dalam mendengar suara latar belakang pada radio maupun televisi.

Oleh karena itu, menjaga kadar gula darah itu main penting artinya jika usia semakin bertambah tua. Masalah pendengaran menjadi salah satu akibat dari penyakit ini. Sementara untuk pria yang punya diabetes, jauh lebih parah efeknya. Gangguan pendengaran bisa muncul di berbagai lapisan usia jika dia kena diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda