Scroll to Top

Hasil Pertandingan Grup B Copa America 2011: Paraguay 0-0 Ekuador

By Wan Faizal / Published on Monday, 04 Jul 2011

Tak ada gol yang tercipta pada dua pertandingan Grup B di hari ketiga penyelenggaraan Copa America 2011. Setelah Venezuela berhasil menahan imbang Brazil tanpa gol, beberapa jam kemudian terjadi skor yang sama di pertandingan antara Paraguay melawan Ekuador, Senin (4/7) pagi.

Paraguay mampu bermain dengan baik dengan menguasai pertandingan di babak pertama. Peluang terbaik mereka datang dari sepakan keras Edgar Barreto memanfaatkan umpan Marcelo Estigarribia. Tapi tendangannya masih mampu diatasi dengan baik oleh kiper Ekuador, Marcelo Elizaga.

Ekuador bukannya tanpa peluang. Cristian Benitez membuat ketar-ketir pertahanan Paraguay setelah akselerasinya mampu menerobos pertahanan La Albirroja dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper Justo Villar. Beruntung, Paulo da Silva datang disaat yang tepat untuk mengamankan gawang timnya.

Di babak kedua situasi tak berubah, dimana Paraguay tetap menguasai pertandingan. Pelatih Gerardo Martino memasukkan Nelson Haedo Valdez untuk menggantikan Lucas Barrios yang bermain tidak maksimal.

Baru dua menit beraksi, Valdez langsung menciptakan peluang emas dimana tembakannya hanya menyamping tipis dari gawang Ekuador. Sampai wasit Sergio Pezzotta meniup peluit akhir pertandingan, skor tetap tanpa gol.

“Memang sulit menjalani laga pertama, dan akan selalu begitu. Kami ingin menang dan mencoba mencetak gol. Hari ini, tidak ada yang lebih baik dari siapa pun,” ucap Valdez seusai laga.

Sebagai pelatih, Martino juga mengungkapkan pendapatnya atas hasil yang diraih anak asuhnya.

“25 menit pertama, Paraguay sangat hebat. Kami menciptakan banyak peluang. Namun, menjelang istirahat kami bermain buruk dengan kehilangan kontrol pertandingan.”

“Babak kedua kami mencoba mengendalikan permainan dan menciptakan beberapa peluang mencetak gol. Cukup membuat saya senang,” tutup Martino.

Dua hasil tanpa gol di hari yang sama merupakan ulangan Copa America  58 tahun lalu. Saat itu Paraguay bermain imbang 0-0 melawan Ekuador, sedangkan skor yang sama juga terjadi antara Chile dan Peru. Di akhir turnamen, Paraguay berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Brazil 3-2 di final.

Dengan kejadian yang mirip 58 tahun lalu, akankah ini menjadi pertanda bahwa Paraguay akan menjadi yang terbaik di Copa America 2011? Menarik untuk dinanti bagaimana aksi mereka menghadapi Brazil di pertandingan kedua nanti.

Data pertandingan:

Paraguay: Justo Villar, Ivan Piris, Paulo da Silva, Dario Veron, Aureliano Torres, Edgar Barreto (Enrique Vera 37’), Cristian Riveros, Nestor Ortigoza, Marcelo Estigarribia, Lucas Barrios (Haedo Valdez 73’), Roque Santa Cruz (Pablo Zeballos 83’). Coach: Gerardo Martino

Ekuador: Marcelo Elizaga, Neicer Reasco, Norberto Araujo, Frickson Erazo, Walter Ayovi, Segundo Castillo, Cristian Noboa, Antonio Valencia (Michael Arroyo 46’), Edison Mendez (David Quiroz 81’), Cristian Benitez, Felipe Caicedo. Coach: Reinaldo Rueda

Yellow card: Zeballos 89’

Referee: Sergio Pezzotta (Argentina)

Man of The Match: Marcelo Elizaga

[youtube v35g9mM78Iw]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda