Scroll to Top

Timnas Sepakbola Wanita Amerika Serikat: Kandidat Juara Piala Dunia 2011

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 04 Jul 2011

timnas Amerika SerikatSepakbola pria Amerika Serikat boleh saja “terbelakang” di tingkat dunia. MLS, Liga mereka, hanya dijadikan lirikan para pemain bintang yang menangguk uang pada masa uzur. Namun, sepakbola wanitanya, sama sekali berkebalikan.

Ya, timnas sepakbola wanita Amerika Serikat boleh dibilang sebagai salah satu yang terbaik di dunia, selain Jerman atau Brazil. Bahkan, The Yanks, demikian mereka disebut, menduduki peringkat pertama dalam ranking FIFA.

The Yanks tercatat sebagai pemegang medali emas Olimpiade dalam tiga turnamen. Mereka pertama kali menjuarainya pada 1996 di kandang sendiri.

Delapan tahun kemudian, Amerika Serikat sukses kembali menjadi yang terbaik pada 2004 di Yunani. The Yanks mempertahankan tradisi emas Olimpiade ketika turnamen semua ajang olahraga ini digelar di Beijing pada 2012.

Untuk ukuran Piala Dunia Wanita, Amerika Serikat berbagi jumlah gelar dengan Jerman. Dalam lima putaran final Piala Dunia, Amerika Serikat sukses memenangi 2 di antaranya, pada 1991 dan 1999.

Dalam Piala Dunia 2011 kali ini pun, Amerika Serikat dengan mudah melewati Grup C. Mereka menguliti Korea Utara 2-0 dan mengandaskan Kolombia 3-0. Pertandingan terakhir melawan Swedia sudah tidak istimewa lagi selain demi mencari siapa juara grup C.

Tim yang dipimpin oleh Christie Rampone ini mungkin saja akan berbicara lebih jauh dalam turnamen empat tahunan yang diselenggarakan di Jerman ini. The Yanks tentu tidak ingin hanya menduduki peringkat ketiga seperti di dua Piala Dunia terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda