Scroll to Top

Paul Quaye, Pemain Espanyol, Tampil di Liga Spanyol di Usia 16 Tahun

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 13 Mar 2012

Para pemain muda di Liga Indonesia pasti iri dengan Paul Quaye. Ketika di negara kita pemain berusia 20 atau 21 tahun masih dianggap terlalu hijau untuk bermain di kompetisi tertinggi, Quaye tidak demikian. Pemuda Ghana ini baru saja melakoni laga debut bersama Espanyol pekan lalu.

Paul Quaye

Ya, Quaye hadir ketika Espanyol tampil begitu garang menyikat Rayo Vallecano dengan skor telak 5-1. Ketika itu, Quaye tampil menggantikan Kalou Uche, penyerang yang mencetak hattrick dalam laga tersebut. Quaye memang tidak memiliki waktu. Ia muncul di lapangan di menit 87. Namun, tiga menit berlaga di Cornella El-Prat sudah mencatat rekor tersendiri baginya.

Ia tampil untuk Espanyol di usia 16 tahun lewat 177 hari. Dalam sejarah klub, cuma ada satu orang yang melakukan debut lebih muda daripada Quaye. Dia adalah Branko Kubala, anak pesepakbola legendaris Laszlo Kubala. Branko memulai debutnya di usia 16 tahun lebih 83 hari. Branko Kubala tampil pertama kali untuk Espanyol pada musim 1964/1965.

Meskipun ada yang lebih muda dalam memulai laga debut di Espanyol, Quaye tidak perlu berkecil hati. Setidaknya, ia tampil di Primera Division tanpa intervensi siapa pun. Maklum, Branko Kubala tampil di usia muda karena sang ayah sendiri yang menjadi pelatih Espanyol saat itu.

Pemegang rekor pemain termuda yang bermain di Primera Division adalah Sanson, pemain Celta Vigo. Ia tampil untuk Celta di usia 15 tahun lebih 225 hari pada musim 1939/1940. Artinya, sudah 72 tahun belum ada seorang pun yang bisa memecahkan rekor Sanson.

Kembali pada Quaye, anak muda Ghana ini sebenarnya bukan anak baru di Espanyol. Ia hadir sejak Maret 2009. Sedari awal, Quaye sudah diperebutkan beberapa klub, termasuk Barcelona.

Quaye yang berposisi sebagai gelandang, datang tak sendirian ke Espanyol. Ia dikontrak bersama Alexis Tawiah, sesama anak muda Ghana.
Di Espanyol, Quaye terus mengasah bakatnya. Ia menjadi pemain reguler Espanyol B yang berlaga di Tercera Division (Divisi Empat Liga Spanyol).

Kemampuannya inilah yang menarik perhatian Mauricio Pochettino, pelatih Espanyol yang sempat dihubung-hubungkan dengan Real Madrid. Jadilah Quaye memperkuat tim utama di tahun ketiganya tinggal di Catalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda