Scroll to Top

Buah dan Sayur, Beda Warna Beda Manfaat

By C Novita / Published on Tuesday, 13 Mar 2012

buah dan sayur, beda warna beda manfaat

Setiap buah dan sayur memiliki warna khas tersendiri. Tidak hanya berfungsi menggugah selera, ternyata masing-masing warna mengandung manfaat tersendiri.

Berikut manfaat dari masing-masing warna buah dan sayur, berdasarkan kandungan zat masing-masing.

  • Merah

Buah dan sayur yang berwarna merah memiliki kandungan lycopene dan anthocyanin. Untuk lycopene, manfaatnya adalah preventif atau mencegah timbulnya kanker. Sedangkan anthocyanin berguna menumbuhkan jaringan tubuh yang rusak, serta membuat awet muda. Antara lain ada di anggur merah, buah bit, delima, dan bery.

  • Kuning

Buah dan sayur berwarna kuning banyak mengandung betakaroten. Zat ini baik untuk kesehatan mata, perbaikan otot, dan paru-paru. Buah dan sayur yang berwarna kuning antara lain, jeruk, pisang, mangga, labu kuning, wortel.

  • Ungu

Biasanya buah dan sayuran berwarna ungu kaya akan anthocyanin yang termasuk juga dalam golongan antioksidan. Ia bagus sekali untuk anti kanker, serta berguna memelihara kesehatan jantung. Selain itu, zat tersebut baik untuk otak yang berfungsi memelihara memori.

Biasanya terdapat pada terong ungu, anggur, blueberry, kubis ungu.

  • Hijau

Ini warna dominan yang dimiliki sayur-sayuran. Warna hijau berasal dari klorofil atau zat hijau daun. Pada buah dan sayur dengan warna dominan hijau, maka kandungan luteinnya amat baik untuk mata, dan kulit sebab ia memperlambat penuaan. Asam folat juga ada pada sayur hijau.

Banyak sekali contoh sayuran hijau antara lain bayam, kangkung, sawi, brokoli, dll.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda