Scroll to Top

Bangun Pabrik Keempat, Honda Bidik Produksi 5.3 Juta Unit

By Aditya Mahadika / Published on Tuesday, 13 Mar 2012

Karyawan PT Astra Honda Motor sedang merakit sepeda motor Honda. (Dok. AHM)

Gebrakan baru dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM). Produsen sepeda motor di Indonesia itu membangun pabrik keempat dengan kapasitas produksi sebesar 1,1 juta unit per tahun. Pabrik di Kawasan Industri Bukit Indah, Karawang, Jawa Barat, ini diharapkan beroperasi pada akhir semester kedua 2013.

Pabrik keempat AHM ini melengkapi tiga pabrik sepeda motor Honda yang sudah ada sebelumnya di Sunter, Pegangsaan, dan Cikarang. Dengan demikian, secara total kapasitas produksi sepeda motor Honda di Indonesia akan mencapai 5,3 juta per tahun.

President Director AHM Yusuke Hori mengatakan AHM, yang merupakan perusahaan joint venture PT Astra International Tbk dan Honda Motor Co. menanamkan modal sebesar Rp 3,128 triliun.

“Kami berkomitmen 100% menyuplai produk berkualitas terbaik dengan teknologi canggih untuk kesenangan berkendara dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan sesuai dengan kebutuhan konsumen,” katanya.

Pabrik baru AHM ini akan menyerap tenaga kerja sekitar 3.000 orang, sehingga total tenaga kerja di pabrik Honda, termasuk yang ada di pabrik yang sudah beroperasi saat ini akan menjadi sekitar 21.000 tenaga kerja.

“Langkah ini merupakan salah satu komitmen kami untuk terus memberikan nilai tambah bagi industri sepeda motor di Tanah Air sekaligus menciptakan lapangan kerja baru selain juga untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat,” kata Executive Vice President Director AHM Johannes Loman.

Penjualan AHM pada tahun 2011 tercatat 4,27 juta unit, tumbuh 25,1% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2012, AHM menargetkan dapat menjual 4,6-4,8 juta unit sepeda motor dengan prediksi bahwa total pasar akan meningkat menjadi sekitar 8,4-8,7 juta unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda