Scroll to Top

Bayern Muenchen vs Basel 7-0: Mario Gomez Empat Gol

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 14 Mar 2012

Tiga minggu lalu, St. Jacob’s Park menjadi neraka bagi Bayern Muenchen. Dalam pertandingan yang sepenuhnya dikuasai mereka, FC Holywood terbenam oleh gol tunggal Valentin Stocker empat menit menjelang bubaran.

Bayern Muenchen vs Basel 7-0

Kini, di Allianz Arena yang akan menjadi stadion penggelar partai puncak Liga Champions musim ini, Muenchen membalas dendam. Tak cukup dua gol, mereka mengoyak gawang Basel tujuh kali tanpa balas untuk melenggang ke babak perempat final dengan kepala menantang langit.

Arjen Robben menjadi pembawa petaka bagi Basel di menit 10. Sapuan tak bersih lini belakang tim tamu membuat bola jatuh ke kaki Robben yang tanpa kawalan. Menggiring bola ketika para pemain Basel mengangkat tangan meminta wasit meniup peluit offside, dengan mudah Robben menaklukkan Yan Sommer.

Terapi kejut di menit-menit awal membuat Basel memperkuat niatan datang ke kandang lawan untuk bertahan. Semua berjalan lancar hingga menit 40, meski serbuan Muenchen datang bagai air bah. Akhirnya, Basel dipaksa gigit jari oleh cara mereka sendiri. Di menit 42, umpan cantik Arjen Robben dari sisi kiri, dihunjamkan dengan sempurna oleh Thomas Mueller. Unggul 2-0, Bayern semakin siap untuk menghancurkan Basel.

Pahlawan Muenchen yang sesungguhnya adalah Mario Gomez. Ia mampu mencetak empat gol hanya dalam waktu 27 menit! Gol pertama dibuatnya pada menit 44. Tendangan bebas Toni Kroos disilangkan oleh Holger Badstubber ke tengah kotak penalti. Gomez tinggal menyodorkan bola ke gawang kosong dari jarak tiga yard.

Nafsu mencetak gol Gomez sempat terhenti akibat peluit turun minum. Namun, babak kedua, Yann Sommer benar-benar dikerjainya. Menit 49, tusukan Franck Ribery dari sisi kanan pertahanan Basel diakhiri dengan umpan tarik cantik. Mario Gomez yang lagi-lagi tanpa kawalan, dengan mudah menyorongkan bola untuk mencetak gol keduanya.

Gomez makin menjadi di menit 61. Untuk kedua kalinya, Ribery menjadi pengumpan. Setelah memorak-porandakan lini belakang Basel di kotak penalti, dilepaskannya bola ke arah Mario Gomez. Dengan tubuh jangkungnya, Gomez hanya tinggal menanduk bola ke gawang Sommer.

Puncaknya terjadi di menit 67. Ribery menusuk ke kotak penalti lawan, melepaskan umpan ke belakang, dan Gomez hadir dengan tembakan kerasnya ke sudut jauh atas gawang Basel. Sempurna; inilah gol ke-10nya di ajang Liga Champions; membuat Gomez cuma terpaut 2 gol saja dari Lionel Messi.

Pesta Muenchen belum usai. Satu gol tersisa dibuat oleh Arjen Robben. Memanfaatkan umpan terobosan Bastian Scweinsteiger —yang hari itu turun sebagai pemain pengganti– Robben lolos dari tackle pemain belakang Basel sebelum mengecoh Sommer dan membuat Allianz Arena merayakan gol ketujuh FC Holywood di menit 81.

Agregat 7-1. Muenchen menapaki perempat final dengan gaya. Sejauh ini, belum ada satu pun tim yang mampu meraih satu angka saja di Liga Champions atas mereka. Selain itu, ini adalah kemenangan kedelapan berturut-turut FC Holywood. Bagi Basel, penakluk Manchester United di babak 32 besar, kali ini nasib mereka menghadapi tim yang sama-sama berkostum merah; berbeda 180 derajat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda