Scroll to Top

Tips Merawat Kulit di Musim Panas

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 14 Mar 2012

Sebentar lagi memasuki musim kemarau yang panas. Teriknya siang hari bahkan mungkin terasa hingga malam. Suhu tinggi tidak hentinya membuat kulit menjadi berkeringat. Kelembaban kulit cukup tinggi yang akhirnya mengundang kuman hinggap dan menyebabkan berbagai masalah.

face moisturizer

Kulit lebih kotor biasanya terjadi pada musim ini. Proses sekresi minyak dan keringat berlangsung begitu cepat. Inilah yang mengundang kotoran dan polutan untuk menempel dan membuat kulit kusam. Membersihkan kulit secara rutin sangat dianjurkan.

Kalau Anda pemilik kulit normal, pembersihan bisa memakai krim atau gel. Kulit berminyak atau kombinasi sebaiknya dibersihkan dengan susu pembersih atau lotion. Kalau jenis kulit Anda sensitif terhadap munculnya jerawat, tambahkan perawatan dengan memakai pembersih yang mengandung obat pencegah jerawat.

Karena musim panas membuat kotoran dapat masuk ke pori-pori paling dalam, maka Anda juga mesti berusaha membersihkan kulit sampai ke sana. Terutama untuk kulit berminyak, pori-pori sebaiknya jauhkan dari kotoran agar minyak di kulit tidak tersumbat yang bisa membuat infeksi.

Caranya, setelah permukaan kulit Anda bersihkan, gunakan butiran scrub yang bisa menjangkau pori-pori untuk mengangkat kotoran. Scrub bisa dicampur tonik dan digosokkan lembut ke kulit dengan alur melingkar. Setelah itu, bilas dengan banyak air agar semua kotoran hilang. Bersihkan kulit Anda beberapa kali dalam sehari.

Pemakaian tonik dianjurkan untuk Anda yang tinggal di tempat panas dan lembab untuk membersihkan sekaligus menyegarkan kulit. Anda bisa memilih tonik berbabasis bunga, seperti air mawar atau lavender.

Meski sudah Anda bersihkan di siang hari, sebaiknya bersihkan kembali kulit Anda sebelum tidur. Ini untuk membersihkan kotoran yang mengendap selama waktu siang atau sore hingga malam. Langkah ini juga untuk mencegah jerawat, flek, dan masalah kulit lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda