Scroll to Top

Tips Hindari Pencopetan Saat Berpergian

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 14 Mar 2012

pencopetan

Refreshing di suatu tempat favorit bisa mengendurkan ketegangan saraf yang membuat stres. Anda bisa memanjakan diri dengan berbagai aktivitas yang disukai. Namun, di saat jalan-jalan jangan sampai lengah. Apa jadinya momen menyenangkan itu berubah menjadi petaka lantaran dompet hilang. Sudah pasti berbagai agenda Anda di tempat tujuan menjadi berantakan.

Agar tidak sampai terjadi, waspadalah pada dompet Anda. Dikutip dari Yahoo Travel, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar tidak sampai kecopetan.

  • Pakai money belt. Ini semacam sabuk atau tas pinggang tipis yang bisa dikenakan di dalam baju atau celana. Uang dalam jumlah banyak bisa Anda masukkan ke situ. Sementara untuk keperluan ringan dalam sehari, uang bisa Anda taruh di dompet yang kemudian bisa disimpan dalam tas.
  • Kalau Anda dalam keramaian, taruh tas atau ransel di depan. Hindari menempatkannya di belakang atau samping. Dan, posisikan resleting di bagian atas.
  • Penumpang berjubel jadi lahan empuk pencopet di angkutan umum. Di saat Anda naik kendaraan seperti ini sebaiknya yang di kantong Anda hanya ada uang untuk ongkos. Untuk dompet dan sesuatu yang berharga lainnya, tempatkan pada sisi tersulit untuk dijangkau dalam tas atau ransel. Dengan begitu, pencopet akan kesulitan mencuri barang berharga Anda.
  • Jika Anda berada di hostel dan tinggal dengan banyak orang asing, kewaspadaan perlu ditingkatkan. Bukan berprasangka buruk, hanya berjaga-jaga dari kemungkinan buruk. Anda bisa menitipkan barang berharga ke safe deposit box yang ada di resepsionis. Jika pihak hostel tidak memiliki, simpan uang dan apa pun yang berharga di tempat tidak menyolok. Misalnya diselipkan pada buku, ditaruh di wadah makanan, dan sebagainya. Pastikan tas selalu terkunci saat ditinggalkan. Kalau perlu, tas diberi gembok.
  • Ketika menunggu kendaraan umum, tempat menunggu biasanya ramai calon penumpang. Rasa kantuk sangat mudah menyerang. Jika begini, letakkan barang penting Anda ke tempat yang membuat Anda langsung terbangun jika ada orang yang hendak mencopet.Bisa juga jadikan tas Anda untuk bantal tidur.
  • Pencopet banyak pula yang berkeliaran di pusat belanja. Jika memungkinkan, pakailah transaksi elektronik dibanding tunai. Bawa uang tunai seperlunya saja. Ruang ATM yang kerap tanpa penjagaan biasa dijadikan lokasi pencopetan strategis. Bertransaksi secara elektronik di kasir membuat Anda tidak perlu mengambil uang tunai di mesin ATM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda