Scroll to Top

Yahoo! Gugat Facebook Terkait 10 Paten

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 14 Mar 2012

Yahoo!

Pada tahun 2004 silam, Yahoo! pernah menggugat Google pasca taipan internet ini terjun ke penawaran saham perdana.

Dan pertikaian diantara keduanya akhirnya dimenangkan oleh Yahoo! dengan 2,7 juta saham yang harus diterbitkan oleh Google bagi saingannya tersebut.

Kini, nampaknya sejarah terulang. Yahoo! kembali menggugat. Dan kali ini yang digugat bukan Google, melainkan Facebook.

Kembali, gugatan yang dilayangkan Yahoo! hanya beberapa saat setelah pihak tergugat terjun ke penawaran umum perdana. Nampaknya sejarah terulang.

Yahoo! menklaim jika jejaring sosial semiliar umat tersebut melanggar hak paten dalam metode pemasangan iklan di situsnya.

Masalah gugat menggugat di perusahaan teknologi, umumnya terjadi diantara para pabrikan smartphone.

Dan kasus ini adalah gugatan paten pertama di dunia yang dilakukan di sebuah perusahaan teknologi situs jejaring sosial.

Ada sebuah indikasi gugatan Yahoo! ini untuk mendapatkan suntikan dana segar mengingat status finansial Yahoo! yang tidak sehat.

Jerry Yang, pendiri Yahoo! telah mengundurkan diri dan posisinya kini dijabat sebagai Scott Thompson sebagai kepala eksekutif pada bulan Januari silam.

Konon, menurut laporan The Wall Stree Journal, banyak karyawan Yahoo! akan menerima PHK menyusul penurunan keuntungan.

Analisis teknologi BGC, Colin Gillis, mengatakan, Yahoo! bisa saja menggunakan taktik di masa lalu untuk dicobanya kembali dengan Facebook.

Masih menurutnya, apapun alasan mereka, yang jelas Facebook telah berkembang dengan sangat pesat, khususnya setelah IPO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda