Scroll to Top

Ensiklopedia Britannica Ditutup Setelah 244 Tahun

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 14 Mar 2012

Encyclopaedia Britannica

Selama 244 tahun, Esiklopedia Britannica hadir di pelbagai sekolah, perpustakaan, kantor, dan rumah, dalam sebuah buku tebal berseri nan berbobot.

Ensiklopedia ini menjadi rujukan ilmu pengetahuan bagi siapapun di seluruh dunia. Pengetahuan umum apa saja tersaji di Esiklopedia Britannica.

Esiklopedia Britannica telah hadir sejak tahun 1768. Namun kini, enskiplodia tersebut telah menghentikan edisi ke-32. Dan rencaanya akan menerbitkan produknya dalam format digital.

Esiklopedia Britannica menggapai titik puncak pada tahun 1990, ketika 120 ribu kopi berhasil terjual di Amerika Serikat.

Namun, Wikipedia menjadi momok Esiklopedia Britannica. Popularitas internet membuat penjualan eksiklopedi konvensional ini menurun.

Pada tahun 2010, hanya 8.000 dari 12 ribu koleksi Esiklopedia Britannica (cetak) yang berhasil terjual.

Bukan menjadi rahasia umum jika Esiklopedia Britannica bukan barang murah. Harga satuannya mencapai USD 1.395.

Esiklopedia Britannica merilis format digital pertama pada tahun 1981 dan CD multimedia pertama hadir pada tahun 1989.

Untuk ranah internet, Esiklopedia Britannica telah hadir di dunia maya sejak tahun 1994 dan mampu menjangkau pasar pendidikan di tingkat sekolah.

Dan Esiklopedia Britannica versi online hingga hari ini telah mampu menarik lebih dari 100 juta pengguna internet di seluruh dunia.

Selama masih ada yang gratis, mengapa harus bayar? Jika ada Wikipedia (gratis), mengapa harus membeli Esiklopedia Britannica?

Mungkin inilah yang menjadi sebab mengapa tingkat penjualan Esiklopedia Britannica semakin menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda