Scroll to Top

Suami Cenderung Malas Urusi Kerjaan Rumah Tangga

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 14 Mar 2012

kerjaan rumah tangga

Meski sudah berjanji sehidup-semati dan saling membantu di hadapan penghulu saat pernikahan, ternyata pria tetap punya sifat malas membantu urusan rumah tangga harian. Wanita terbilang lebih giat menyelesaikan berbagai kesibukan di rumah. Mulai dari mencuci baju, menyapu, mengepel, memasak, dan sebagainya. Daripada sibuk dengan hal tersebut, pria cenderung memilih menjaga anak-anak mereka

Menurut data dari penelitian Institute for Public Policy Research (IPPR), hampir setengah dari wanita yang dijadikan sampel menyatakan melakukan pekerjaan rumah tangga hingga 13 jam setiap hari. Dari seluruh populasi, hanya 3 persen wanita yang yang menyelesaikan pekerjaan rumah tangga kurang dari tigam seminggu. Sementara itu, satu dari 10 pria berbagai tugas secara adil bersama istrinya.

“Perempuan masih memikul beban yang sangat berat tugas rumah tangga, terutama setelah mereka memiliki anak-anak,” kata Nick Pearce, direktur IPPR, dikutip Daily Mail.

Kecenderungan istri melakukan lebih banyak urusan rumah tangga hanya selisih sedikit pada perbandingan lintas generasi. Contohnya, ada 8 dari 10 wanita yang lahir pada 1958 mengatakan, mereka mencuci baju dan menyetrika lebih banyak dari sang suami. Sementara itu, dari data wanita yang lahir tahun 1970 disebutkan, ada 7 dari 10 wanita yang melakukan kegiatan serupa.

Dengan demikian, suami lebih cenderung memilih fleksibel menangani urusan rumah tangga. Mereka lebih memilih menangani urusan nafkah sebagai tugas utama. Namun, tidak ada salahnya suami pun ikut terjun menyelesaikan berbagai menyelesaikan berbagai tugas rumah tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda