Scroll to Top

Real Madrid Cuma Kalah Sekali dari 9 Laga Melawan Wakil Rusia di Santiago Bernabeu

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 14 Mar 2012

Klub Spanyol lain boleh saja menderita ketika berhadapan dengan CSKA Moskwa. Ya, Barcelona musim 1992/1993 dan Sevilla musim 2009/2010 terkena kutukan setelah mampu menahan imbang wakil Rusia 1-1 di Luzhniki. Ketika leg kedua digelar di kandang sendiri, Barcelona dan Sevilla justru ditumbangkan oleh klub asal Moskow.

Real madrid

Namun, Real Madrid memiliki catatan sendiri. Mereka sudah 9 kali bertemu dengan wakil-wakil Rusia di Eropa dalam sistem pertandingan home and away. 7 di antaranya, terjadi di Liga Champions. Prestasi Los Blancos pun mengesankan. Dalam 7 pertemuan di Santiago Bernabeu dengan klub Rusia, Real Madrid menang 5 kali, seri sekali, dan cuma sekali kalah.

  • Pertemuan pertama di Bernabeu terjadi pada musim 1980/1981. Dalam laga di babak perempat final, Los Blancos bertemu dengan Spartak Moskow. Sempat bermain imbang 0-0 di Dynamo Lenin Stadium (sekarang di wilayah Georgia), Real Madrid memetik angka penuh ketika leg kedua digelar di Santiago Bernabeu. Dua gol Isidro Diaz Gonzalez tidak bisa dibalas satu pun oleh para pemain Spartak. Real Madrid lolos dengan agregat 2-0.
  • Pertemuan berikutnya baru terjadi sepuluh tahun kemudian, yaitu musim 1990/1991. Kali ini kesialan yang menimpa Los Blancos. Bermain imbang 0-0 di kandang Spartak Moskwa di leg pertama, Real Madrid tenggelam di leg kedua. Meskipun berlaga di Santiago Bernabeu, Pasukan Putih tumbang dengan skor 1-3. Bahkan meski Los Blancos unggul lebih dahulu melalui Emilio Butragueno.
  • Musim 1998/1999, Real Madrid kembali bertemu dengan Spartak Moskwa. Kali ini di babak penyisihan grup. Raul Gonzalez dkk. memang kalah 2-1 di Rusia. Namun, Santiago Bernabeu mengembalikan keangkeran mereka. Ketika bermain di hadapan pendukung sendiri, Los Blancos menang 2-1.
  • Musim 2000/2001, lagi-lagi Real Madrid bersua Spartak Moskwa. Sama seperti dua musim sebelumnya, duel ini terjadi di babak penyisihan grup. Bernabeu lagi-lagi membungkam wakil Rusia. Gol tunggal Ivan Helguera menjadi penentu kemenangan.
  • Musim berikutnya, lagi-lagi Real Madrid berhadapan dengan wakil Rusia. Namun, kali ini lawannya adalah Lokomotiv, yang sama-sama tinggal di Moskwa. Untuk keempat kalinya Santiago Bernabeu menelan korban tim Rusia. Tidak tanggung-tanggung, Lokomotiv dihajar 4 gol tanpa balas.
  • Musim 2002/2003, Real Madrid sekali lagi bertemu Lokomotiv. Kali ini dalam proses yang lebih tinggi, 16 besar Liga Champions (saat itu 16 besar masih memakai sistem grup). Lokomotiv mampu memperbaiki prestasi. Mereka menahan imbang Los Blancos 2-2 di Bernabeu.
  • Musim 2008/2009, wakil Rusia yang lain, Zenit St. Petersburg, menjadi lawan Los Blancos. Kali ini, tidak ada ampunan.  3 gol tanpa balas dubuat Real Madrid atas Zenit.

Di luar Liga Champions, Real Madrid bertemu dengan wakil Rusia dua kali di ajang Piala UEFA. Ketika bermain di Bernabeu, Los Blancos juga selalu menang. Yaitu, 5-2 atas Torpedo Moskwa (1992) dan 4-0 atas Dinamo Moskwa (1994).

Pertemuan dengan CSKA Moskwa musim ini adalah yang pertama kali bagi Real Madrid di Liga Champions. Mengantungi bekal hasil seri 1-1 di Rusia, wajar kalau Madridistas berharap kali ini Santiago Bernabeu melanjutkan tuahnya bagi Cristiano Ronaldo dkk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda