Scroll to Top

Hazel Souma, Potret Pengendara Teladan dari Afrika Selatan

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 14 Mar 2012

Soal keselamatan berkendara, wanita tua ini patut diacungi jempol. Pasalnya, di negaranya – Afrika Selatan – punya sejarah buruk dalam pelanggaran lalu lintas yang diakibatkan tidak ada kesadaran terhadap keselamatan berkendara. Hazel Souma layak dijadikan teladan. Selama 62 tahun sejak menerima SIM pertama kali, dia sama sekali tidak pernah melanggar peraturan lalu lintas. Dia tidak pernah kena tilang mau pun denda.

Hazel Souma

Wanita dari kota Cape Town itu lantas diberikan penghargaan oleh otoritas setempat. Dia menjadi ikon pengendara yang baik. Bahkan Menteri Transportasi Afrika Selatan, Sibusiso Ndebele, menyerahkan sendiri penghargaan itu kepada Souma.

“Ibu Souma tidak pernah melakukan kesalahan dalam catatan mengemudinya dan merupakan contoh sejati yang dapat membuktikan kita dapat mengakhiri kasus kematian di lalu lintas kita,” kata Ndebele, sebagaimana dikutip BBC.

Perlu Anda tahu, pelanggaran dan kecelakaan di Afrika Selatan tercatat sangat mengkhawatirkan. Dalam sehari bisa terjadi 40 orang yang meninggal akibat kecelakaan. Sementara itu, ada 3.000 surat tilang yang bisa terbit setiap bulannya. Itu belum ditambah kenyataan pernah terjadi 7 ribu orang yang dipenjara dalam satu waktu, gara-gara masalah lalu lintas.

“Tidak dapat dikatakan normal jika setiap hari ada 40 orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas, yang sebagian besar dapat kita cegah,” ujar Ndebele.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda