Scroll to Top

Xabi Alonso Tidak Bisa Memperkuat Real Madrid di Perempat Final Liga Champions

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 15 Mar 2012

Real Madrid baru saja merayakan kemenangan besar atas wakil Rusia, CSKA Moskwa 4-1 di leg kedua perdelapan final Liga Champions. Dengan kemenangan ini Los Blancos mendarat ke babak delapan besar lewat agregat 5-2. Trio penyerang mereka, lagi-lagi menjadi perhatian dunia dengan rentetan gol masing-masing.

Xabi Alonso

Namun, sedikit kegelisahan mencuat. Sang gelandang bertahan Xabi Alonso tertimpa nasib sial. Wasit Stéphane Lannoy dari Prancis tak mengampuninya. Sebuah kartu kuning melayang kepada Xabi di menit 49.

Fatal. Real Madrid akan kehilangan sang pemain idola wanita ini di leg pertama perempat final. Padahal peran Xabi sangat vital di lini tengah Los Blancos. Sejauh ini, Xabi sudah bermain dalam 39 dari 42 pertandingan yang dilakoni Real Madrid musim ini. 38 di antaranya dilalui sebagai starter.

Total, Xabi bermain dalam 3506 menit bersama Los Blancos. Cuma ada dua pemain yang bisa melampau catatan sang nomor 14, yaitu Iker Casillas (3562 menit) dan Cristiano Ronaldo (3580 menit).

Xabi sendiri sejauh ini sudah mengantongi 12 kartu kuning. 7 di Liga Spanyol, 3 di Liga Champions, 1 di Piala Spanyol, dan 1 di Piala Super Spanyol. Jika dihitung dari menit bermainnya, Xabi menerima peringatan wasit setiap 292,16 menit.

Memang cukup menarik. Kalau di liga-liga Eropa, dengan rentang kompetisi yang panjang, seseorang membutuhkan 5 kartu kuning untuk dihukum tak bisa bermain karena akumulasi. Namun, berdasarkan peraturan UEFA di Liga Champions, cukup tiga kartu kuning saja yang dikoleksi pemain sebelum ia dilarang untuk bermain pada pertandingan berikutnya.

Kartu kuning pertama bagi Alonso datang saat Real Madrid menjamu Lyon di babak 32 besar. Ketika itu, wasit Cüneyt Çakır asal Turki memberi si nomor 14 peringatan pada menit 40. Real Madrid sendiri menang besar 4-0 dalam laga tersebut.

Kartu kuning kedua didapatkan pada laga pertama menghadapi CSKA di Luzhniki. Wasit Björn Kuipers memberi Alonso kartu tersebut di menti 40. Los Blancos saat itu tertahan 1-1 karena gol Pontus Werbloom di menit terakhir.

Kini, dengan absennya Xabi, muncul pertanyaan. Siapakah yang akan dipilih Jose Mourinho untuk menggantikan posisinya? Apakah Mou akan memainkan Sami Khedira-Lassana Diarra? Ataukah ini kesempatan bagi Nuri Sahin untuk muncul? Sejauh ini sang gelandang Turki baru bermain selama 371 menit atau setara dengan 5 pertandingan untuk Los Blancos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda