Scroll to Top

Manchester City: Tersering Mencetak Gol Lewat Set Piece

By Wan Faizal / Published on Thursday, 15 Mar 2012

Dalam sebuah pertandingan sepakbola, ada banyak cara untuk mencetak gol. Mulai dari permainan terbuka, lewat serangan balik cepat, situasi bola mati, maupun yang diperoleh dengan cara keberuntungan, yakni gol bunuh diri pemain lawan.

Mencetak gol lewat situasi set piece atau situasi bola mati cukup sulit untuk dilakukan. Butuh kerja keras dan latihan secara continue agar bisa menerapkannya ketika menghadapi pertandingan yang sesungguhnya.

Gol Vincent Kompany, Liverpool 1-1 Man. City

Dan beruntunglah bagi klub sekelas Manchester City ketika mereka tercatat menjadi klub dengan pengoleksi gol terbanyak dari situasi bola mati.

Hingga pekan ke-28 musim 2011-2012 ini, City tercatat menjadi tim tersubur dengan koleksi 69 gol. Dan dari semua gol tersebut, 20% diantaranya dicetak melalui situasi bola mati.

Memiliki para pemain dengan akurasi umpan yang apik seperti David Silva, Samir Nasri, Adam Johnson, hingga Aleksandar Kolarov tentu membuat City memiliki opsi yang baik untuk mencetak gol dari situasi tersebut. Hal itu ditambah dengan kehebatan para pemain lain dalam mengkonversi umpan dari bola mati tersebut menjadi sebuah gol.

Di urutan kedua setelah City, terjadi satu kejutan kecil. Bukan Arsenal, Manchester United, Chelsea, atau Liverpool yang menjadi runner-up dibawah City. Melainkan Norwich City dan Blackburn Rovers.

Keduanya sama-sama telah mencetak 15 gol dari situasi bola mati. Hal itu menunjukkan kekurangan dalam hal skill individu para pemain mampu ditutupi dengan memanfaatkan kondisi ketika mereka mendapatkan hadiah tendangan bebas atau sepak pojok.

Sementara itu, Aston Villa menjadi tim terburuk dalam kategori ini. Klub asuhan Alex McLeish tersebut hanya mampu mencetak dua gol dari situasi bola mati.

Berikut adalah jumlah gol yang dicetak klub-klub Premier League via set pieces:

No.
Klub
Gol via Set Pieces
1.
Manchester City
16
2.
Norwich City
15
3.
Blackburn Rovers
15
4.
Manchester United
14
5.
Stoke City
12
6.
West Bromwich
11
7.
Liverpool
10
8.
Bolton Wanderers
10
9.
Sunderland
9
10.
Wolverhampton
9
11.
Chelsea
8
12.
Swansea City
7
13.
Everton
7
14.
Tottenham Hotspur
6
15.
Newcastle United
6
16.
Queens Park Rangers
6
17.
Wigan Athletic
6
18.
Arsenal
5
19.
Fulham
5
20.
Aston Villa
2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda