Scroll to Top

Wayne Rooney Kunci Manchester United Melawan Athletic Bilbao

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 15 Mar 2012

Penalti Wayne Rooney di menit 90+2 Jumat pekan lalu memang tidak mampu menghindarkan Manchester United dari kekalahan 2-3 atas Athletic Bilbao. Setan Merah tetap saja harus menangggung malu di Old Trafford.

Wayne-Rooney

Namun, gol tersebut akan memainkan peran vital dalam leg kedua perdelapan final Europa League yang akan akan digelar dini hari nanti. Ya, Setan Merah masih memiliki napas untuk melenggang di kompetisi yang kurang disukai sang manajer Sir Alex Ferguson.

Andai United mampu menang dengan margin dua gol atau dapat mengatasi Bilbao dengan skor 3-4, hak ke babak berikutnya sudah pasti dirampas. Menciptakan keadaan ini semestinya mungkin-mungkin saja bagi United. Mengingat, mereka juga pernah mengatasi Ajax Amsterdam, klub elite Eropa, 0-2 di Amsterdam Arena pada babak 32 besar Europa League musim ini.

Fokus tidak akan kemana pun kecuali pada Wayne Rooney. Bomber asal Liverpool tengah dalam performa terbaiknya. Sejak mencetak dua gol ke gawang Chelsea pada 5 Februari lalu, insting gol Rooney sedang bagus-bagusnya. Ia mampu mengoleksi 9 gol dalam 5 pertandingan terakhir. Bahkan, dalam 4 laga, Waza mampu mencetak sepasang gol.

Terakhir, dua golnya membantu United untuk merebut posisi puncak klasemen sementara Liga Inggris dari Manchester City. Setan Merah menang 2-0 atas West Brom sementara di pihak lain City —yang juga akan bermain di Europa League dini hari nanti— justru tumbang dari Swansea 1-0.

Catatan Gol Wayne Rooney
———————————————————————————–
Chelsea vs Manchester United 3 – 3 (2 gol)
Manchester United vs Liverpool 2 – 1 (2 gol)
Tottenham Hotspurs vs Manchester United 1-3 (1 gol)
Manchester United vs Athletic Bilbao 2-3 (2 gol)
Manchester United vs West Brom (2 gol)

Produktivitas Rooney yang tengah apik inilah yang akan menjadi kunci United dalam menghadapi Bilbao. Sejauh ini, koleksi gol Waza sudah mencapai 26 dari 31 pertandingan. Sudah ambisi tersendiri baginya untuk mampu menembus catatan terbaiknya sepanjang karier.

Musim 2009/2010, Rooney mampu menjebol gawang lawan 34 kali dari 44 partai yang dilakoni. Artinya, cuma butuh 9 gol untuk melampaui jumlah tersebut. Rentang pertandingan United tidak panjang lagi. Cuma ada 10 pertandingan sisa di liga dan minimal 1 di Europa League yang terjadi esok hari.

Maka, wajib hukumnya bagi Rooney untuk membobol gawang Gorka Iraizoz sebanyak-banyaknya dini hari nanti.

Apalagi, tuan rumah tengah bermasalah dengan rencana meraih tiket ke Liga Champions musim depan. Secara mengejutkan, Bilbao justru didepak oleh Osasuna, “Setan Merahnya Liga Spanyol” dengan skor tipis 2-1 di akhir pekan lalu. Mampukah United menekuk Bilbao di San Mames?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda