Scroll to Top

Mengetik di Tombol QWERTY Bisa Pengaruhi Mood

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 15 Mar 2012

qwerty

Tombol QWERTY yang familiar dipakai pada keyboard komputer mau pun laptop, ternyata memiliki pengaruh dalam membentuk perasaan menurut sebuah penelitian. Kyle Jasmin dari Institute of Cognitive Neuroscience di University College London, Inggris dan Daniel Casasanto dari New School for Social Research, New York, mengemukakan, ada sisi perasaan negatif dan positif pada pemakaian tombol tersebut.

Menurut mereka, kata-kata yang dibentuk dengan lebih banyak memakai tombol di sebelah kanan, membuat pengetiknya cenderung punya perasaan positif. Misalnya kata LOL yang merupakan kependekan dari laugh out loud. Sebaliknya, kata-kata yang dibentuk dari sebelah kiri punya indikasi memengaruhi emosi negatif.

Penelitian ini melibatkan relawan dengan bahasa Inggris, Belanda, dan Spanyol. Dikutip National Geographic, mereka diminta mengetik dan menilai seberapa positif dari “rasakata” yang mereka ketikkan.

“Hasilnya, rata-rata menilai bahwa kata-kata yang berasal dari sisi kanan keyboard terasa lebih positif,” kata Casasanto.

Jasmin mengatakan, emosi tersebut terbentuk lebih karena asal kemunculannya, anatara sisi kanan atau kiri dari sebuah tombol QWERTY. Dan, perubahan perasaan tidak muncukl karena pengaruh makna kata yang dituliskan relawan. Misalnya ketika relawan menulis kata pleek atau ploke, ternyata sama-sama membawa emosi yang menyenangkan buat mereka.

Peneliti menyebut temuan ini sebagai “Efek QWERTY”. Mereka juga menyimpulkan, selama seseorang lancar menuliskan sesuatu di keyboard, dia cenderung sedang memiliki perasaan yang positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda